Quraish Shihab: Ustaz Itu Bukan yang Sukses Bikin Orang Ketawa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 09 614 2053726 quraish-shihab-ustaz-itu-bukan-yang-sukses-bikin-orang-ketawa-esaFjbTprT.jpeg Quraish Shihab (Foto: Dimas/Okezone)

Ustaz maupun ustazah memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup umat muslim di seluruh dunia. Selain membimbing dan memberikan dakwah, ustaz dan ustazah juga menjadi sosok pengajar yang menyampaikan ilmu pengetahuan kepada para jamaahnya.

Namun dalam perkembangannya, saat ini tidak sedikit masyarakat merasa kesulitan mencari ustaz dan ustazah yang berkompeten. Kondisi tersebut lazim ditemui, terutama di area perkotaan.

Untuk mengurai permasalahan ini, cendekiawan muslim sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran, Profesor Quraish Shihab, sempat menjelaskan secara singkat beberapa kriteria ustaz yang dinilai memiliki kompetensi tidak hanya dari keilmuan kajian Islamnya, tetapi juga memiliki pribadi yang ramah, senantiasa menyampaikan pesan dengan rahmah, penuh keteduhan, serta berwawasan wasatiyyah/moderat.

 

"Indonesia saat ini memerlukan ajaran yang termoderasi. Kita tidak ingin yang ekstrem ke kiri atau ke kanan. Dan harus memiliki rasa toleransi yang tinggi. Dia tidak bisa berkata Anda pasti salah, apalagi bilang Anda kafir. Boleh berbeda pendapat tapi harus menyikapinya secara bijak," tutur Quraish Shihab, dalam konferensi pers Cariustadz.ID, di Masjid Cut Meuthia, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

 Baca Juga: 5 Peninggalan Nabi Muhammad SAW yang Masih Tersimpan Rapi

Lebih lanjut, Quraish Shihab menjelaskan, seseorang baru bisa disebut ustaz dan ustazah ketika ia memiliki ilmu. Orang tidak berilmu dianggap tidak layak menyandang predikat tersebut.

Dirinya mengambil contoh sosok ustaz yang berada di kawasan Timur Tengah seperti Mesir. Di negara ini, ustaz juga sering disebut profesor karena mereka memang memiliki ilmu yang mumpuni.

 

Disebutkan pula bahwa seorang ustaz dan ustazah tidak boleh menyampaikan suatu ajaran jika dirinya sendiri belum mengamalkan. Namun, Quraish Shihab menganggap konsep tersebut terlalu berat di zaman modern seperti saat ini.

"Saya rasa seorang ustaz itu jangan sampaikan ajaran kalau dia sendiri tidak berusaha untuk melakukanya," kata Quraish Shihab.

"Ustaz itu bukan yang sukses membuat orang ketawa atau menangis. Ustaz yang sukses itu bisa membuat jamaahnya mendapatkan ilmu baru," timpalnya.

Kebutuhan akan hadirnya ustaz berkompeten untuk berbagai kebutuhan juga sejalan dengan semakin maraknya gairah masyarakat mendalami ilmu agama Islam. Kegiatan pengajian juga semakin menjamur.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan itu, banyak orang yang mengharapkan bisa mendapatkan informasi tentang para ustaz dan ustazah melalui media sosial. Namun sayang, belum banyak yang menggunakan media sosial secara maksimal.

Berawal dari urgensi tersebut, Pusat Studi Alquran (PSQ) menggagas Cariustaz.id untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

"Cariustaz.id hadir untuk menyediakan kontak para ustaz dan ustazah, menginformasikan latar belakang, serta pengalaman mereka. Nama mereka yang terdapat dalam website ini juga telah kami kurasi, sehingga masyarakat bisa menemukan sosok yang kompeten dan terpercay," papar Ali Nurdin, selaku Pimpinan Cariustaz.id.

Platform ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti pemilihan lokasi, jenis kajian, gender ustaz dan ustazah, dan lain-lain. Dengan berbagai sarana ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah menemukan ustaz dan ustazah yang sesuai dengan kebutuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini