Cegah Penuaan Dini dengan Puasa

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 09 616 2053583 cegah-penuaan-dini-dengan-puasa-RUtTdURP49.jpg Cegah Penuaan Dini (Foto: Boldsky)

PUASA ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan. Sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti di Jepang mengungkap beberapa efek puasa yang sebelumnya kurang diketahui, dilansir Medicalnewsbulletin.

Gagasan dasarnya ialah membatasi asupan makanan harian 6-8 kali. Efek puasa tidak hanya mencakup penurunan berat badan, tetapi juga mengurangi perasaan lapar dan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Karbohidrat biasanya digunakan tubuh sebagai bahan bakar energi. Namun, jika kurang karbohidrat, tubuh akan mencari sumber energi alternatif seperti lemak. Itulah mengapa selama puasa tubuh beralih ke kondisi pembakaran lemak untuk memberinya energi.

Baca juga :

Puasa atau pembatasan asupan makanan jika dilakukan dengan benar membantu meningkatkan energi dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Para ilmuwan di Jepang menyelidiki lebih lanjut efek puasa pada tubuh manusia.

Penelitian ini melibatkan empat orang yang berpuasa selama 58 jam. Mereka menganalisis seluruh darah, seperti plasma dan sel darah merah, dari masing-masing peserta.

Para peneliti menggunakan sampel yang diambil untuk memantau perubahan tingkat metabolit yang biasanya merupakan molekul kecil yang terbentuk selama metabolisme.

Metabolisme digunakan untuk menggambarkan reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk mengubah makanan yang kita makan menjadi energi dalam beraktivitas. Analisis komprehensif sampel darah menunjukkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Metabolit tersebut diketahui memiliki efek antipenuaan. Metabolit ini penting untuk memelihara otot dan aktivitas antioksidan. Temuan ini menunjukkan bahwa puasa dapat membantu meningkatkan umur panjang dan memiliki efek peremajaan.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa puasa tidak hanya dapat meningkatkan fungsi sel secara optimal, tetapi juga meningkatkan produksi antioksidan tubuh yang melindungi sel dari radikal bebas selama metabolisme.

“Puasa dapat meningkatkan produksi metabolit yang menjadi kunci penelitian. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, termasuk studi yang lebih besar di balik perubahan metabolisme ini,” kata peneliti.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya