nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Berpuasa, Allah Tanamkan "Power Bank" dalam Tubuh Manusia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 10 614 2054229 jangan-takut-berpuasa-allah-tanamkan-power-bank-dalam-tubuh-manusia-mGDnJtOVmg.jpg Ilustrasi (Foto: AboutIslam)

Bulan Ramadan Allah memberikan kepada kita begitu banyak nikmat, dan rahmat. Salah satu rahmat kasih sayang yang Allah berikan kepada manusia adalah puasa yang menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Seperti apa yang dikatakan nabi, "Berpuasalah kalian maka nanti kalian akan menjadi sehat."

Menurut Ustaz Azid Munaf makna dari hadis berpuasa sendiri tidak bertentangan dengan ilmu kedokteran. Pasalnya dalam dunia kedokteran pun menyatakan bahwa puasa bisa membuat badan manusia menjadi lebih sehat.

Pada dasarnya, Allah itu menciptakan beraneka ragam sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Ada sistem saraf, sistem pernafasan, dan sistem pencernaan. Seluruh sistem ini bergerak dan setiap yang bergerak itu pasti membutuhkan energi.

Selama bulan Ramadan tidak ada asupan makanan atau minuman yang masuk ke tubuh kita, sedangkan sistem yang ada di dalam tubuh kita tetap bekerja, dan membutuhkan energi. Lantas dari manakah sumber energi ini berasal? Ustaz Aziz Manaf pun lantas memberikan komentarnya mengenai hal ini.

 

“Allah itu ternyata menanamkan power bank di dalam tubuh kita. Ada energi cadangan yang bisa kita gunakan pada saat tidak ada asupan makanan maupun minuman. Power bank inilah yang kita gunakan. Apakah itu? Ada cadangan lemak salah satunya. Saat tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh, otomatis tubuh mengambil cadangan lemak,” terang ustadz Aziz kepada Okezone.

 Baca Juga: Telinga Mendengung Pertanda Nabi SAW Sedang Kangen dengan Umatnya?

Lebih lanjut cadangan lemak ini diproses menjadi energi yang menggerakan paru-paru untuk tetap memompa udara dan menggerakan jantung agar tetap memompa darah. Lemak inilah yang membuat sistem di dalam tubuh kita tetap bergerak walaupun tidak ada asupan makanan dan minuman.

“Seseorang berolahraga, berlari, melakukan berbagai macam aktivitas dengan tujuan membakar kalori. Luar biasa Allah anugerahkan kepada kita. Kesehatan bisa kita dapat dengan berbagai macam aktivitas olahraga, namun juga sehat bisa kita dapat dengan berpuasa,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, Ustadz Aziz mengimbau bagi para generasi muda untuk semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Selain bisa mendekatkan diri dengan sang maha pencipta, tubuh pun akan mendapatkan bonus berupa badan yang sehat.

“Ayo kita anak muda, kita semangat puasa, tujuan, niat yang pertama kita niat mencari keridhoan Allah plus nanti di akhir kita akan dapat bonus badan yang sehat dan di akhir Ramadan kita diwisuda oleh Allah menjadi orang-orang yang bertakwa,” tutupnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini