nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puasa Bikin Sehat atau Tambah Sakit?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 23 614 2059530 puasa-bikin-sehat-atau-tambah-sakit-Y4S7WTARIe.jpg Ilustrasi (Foto: Healthgrades)

Tanya:

Selama ini banyak pakar kesehatan setuju kalau salah satu manfaat puasa katanya untuk kesehatan. Tapi kenapa banyak juga yang sakit? Bagaimana penjelasannya?

Jawab:

Kalau puasa yang sakit berkurang, orang cenderung lebih sehat saat berpuasa. Selama puasa pada dasarnya jadi kesempatan orang hidup sehat, tekanan darah menurun, berat badan cenderung menurun, dan sebagainya. Bahkan menurut data kedokteran, selama puasa tindakan endoskopi dan gawat darurat itu menurun.

Tapi memang di waktu awal dan terakhir puasa, orang bisa sakit. Sakit itu karena pola makan orang tidak bisa menyesuaikan. Setiap pagi mesti sahur, begitu juga saat buka puasa harus makan tepat waktu. Selain itu, penyebab orang sakit saat puasa karena makannya sembarangan, istirahat kurang, sampai tidur kurang. Penyakit yang mengintai biasanya diare, karena sahurnya misalnya makanan tidak fresh. Lalu karena buka puasa sering konsumsi makanan manis-manis, jadi radang tenggorokan.

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB - RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini