nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Umat Muslim di Arab Saudi Merayakan Idul Fitri Pada Hari Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 04 614 2063706 umat-muslim-di-arab-saudi-merayakan-idul-fitri-pada-hari-ini-7xSeeSYi8U.jpg Sidang Isbat Lebaran (Foto: Arabnews)

PEMERINTAH melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada esok hari, Rabu, 5 Juni 2019. Keputusan itu diambil setelah kemarin malam Kementerian Agama bersama dengan sejumlah ulama melakukan sidang isbat. Dalam sidang tersebut, hilal belum terlihat.

Berbeda dengan keputusan pemerintah Arab Saudi. Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Pengadilan Kerajaan Arab Saudi menentukan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari ini, Selasa, 4 Juni 2019. Keputusan itu dikeluarkan setelah pihak pengadilan melihat bulan sabit Syawal terlihat di Arab Saudi pada hari Senin.

Bulan sabit Syawal terlihat dari beberapa bagian kerajaan yang berarti Idul Fitri akan dimulai pada hari berikutnya. Hal itu membuat festival hari raya secara resmi akan dimulai pada hari ini. Perayaan merupakan tanda berakhirnya bulan suci Ramadan dan puasa jutaan umat muslim.

Sebelumnya pada hari Sabtu lalu pihak pengadilan meminta seluruh umat muslim di Arab Saudi mencoba dan menemukan bulan sabit Syawal di Senin malam. Hari itu adalah hari 29 Ramadhan 1440 H. Bukan hanya Kerajaan Arab Saudi yang menentukan Idul Fitri jatuh pada hari ini.

Dengan ditentukannya hari Idul Fitri, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim surat ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia. Meskipun ada beberapa negara yang masih harus berpuasa satu hari lagi dan merayakan Idul Fitri esok hari.

Negara lain seperti Kuwait dan negara-negara teluk di sekitar termasuk negara yang merayakan Idul Fitri pada hari Selasa. Sedangkan di Pakistan, Australia, dan negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia, bulan sabit tidak terlihat. Hal ini membuat negara-negara tersebut merayakan Hari Raya Idul Fitri pada hari Rabu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini