Keajaiban Kurma, Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 27 616 2071833 keajaiban-kurma-bisa-dikonsumsi-penderita-diabetes-fcknPq5kY6.jpg Manfaat Buah Kurma untuk Penderita Diabetes (Foto: Ist)

KURMA dianggap sebagai kunci dari sehatnya tubuh orang Timur Tengah. Pernyataan ini bukan isapan jempol belaka, pasalnya sekali pun penduduk padang pasir hidup di suhu yang terbilang panas, mereka tetap sehat dan punya fisik yang bugar.

Bahkan, dalam penjelasan buku pintar "Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" karya Dr. Nadiah Thayyarah, kurma dianggap sebagai "barang tambang" karena kaya akan mineral dan kandungan gizi yang lengkap. Namun demikian, harganya murah dab selalu tersedia di pasar sehingga kerap menjadi buah yang paling pokok dikonsumsi.

Saking istimewanya kurma, dia juga tercatat sebagai buah yang disebutkan Allah SWT di Alquran, salah satunya di surah berikut ini;

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا (25) فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ...

"Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan mengugurkan buah kurma yang matang kepadamu, lalu makan, minum, dan bersenang hatilah kamu ..." (Maryam: 25-26).

Selain disebutkan di dalam Alquran, kurma juga tercatat ada dalam Taurat dan Talmud. Nabi Isa bahkan menggunakan ranting buah kurma sebagai simbol perdamaian.

Di sisi lain, Nabi Muhammad SAW pernah menegaskan pentingnya kurma ketika berbincang dengan Aisyah, "Wahai Aisyah, jika rumah tak memiliki kurma (sebagai makanan), maka penghuninya akan kelaparan." (HR. Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pernyataan Rasulullah itu bukan sekadar kalimat biasa. Ya, jika kita melihat kandungan kurma secara ilmiah, dalam buah kurma, terkandung karbohidrat, protein, vitamin, dan garam mineral yang merupakan unsur-unsur penentu kualitas buah-buahan.

Gula merupakan komponen paling penting dan paling banyak dikandung dalam kurma yaitu sebesar 70-75% yang terdiri atas sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah penderita diabetes boleh mengonsumsi kurma yang kaya akan gula?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Prof. Kamel Miller dalam jurnal berjudul "Saudi Medical" pada 2002. Penelitiannya didasari oleh kasus diabetes di Teluk Arabia yang cukup banyak. Hal ini menjadi perhatiannya, karena muncul pandangan kalau kurma menjadi salah satu alasan kenapa kasus ini dialami sekitar 20 persen penduduk berusia 30-65 tahun di Uni Emirate Arab dan Saudi Arabia, serta menimpa lebih kurang 50 persen penduduk berusia 60-an tahun.

Tidak dapat dipungkiri lagi kalau keseimbangan pola makan adalah hal penting bagi penyembuhan penyakit diabetes. Sehubungan dengan itu, ada semacam pemikiran apakah kurma dapat menjadi sumber karbohidrat yang cocok bagi penderita diabetes.

Prof. Miller dan para koleganya dari Universitas Al-Ayn Uni Emirate Arab akhirnya melakukan riset terhadap tiga jenis kurma, yaitu Khalas, Barha, dan Bauman, untuk meneliti apakah ketiga jenis kurma ini memiliki kaitan antara kenaikan kadar gula pada penduduk Teluk Arabia.

Para peneliti menyimpulkan kalau kurma dapat menjadi sumber karbohidrat yang malah cocok untuk penderita diabetes dengan syarat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan seimbang, sesuai dengan anjuran dokter diabates si pasien.

Di samping itu, ada juga riset Prof. Miller yang dipublikasikan dalam "European Journal of Clinical Nutrition" pada 2003 yang menyebutkan, mengonsumsi kurma, susu, atau yogurt dapat memberikan manfaat lain bagi pengendalian kadar gula darah.

Ada bukti lain juga yang secara acak menjelaskan kalau mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat pula membantu menurunkan kadar kolesterol meski tidak begitu signifikan. So, Anda yang punya masalah penyakit diabetes, jangan ragu lagi dengan pertanyaan; Boleh makan kurma tidak, ya? Tapi ingat, semuanya mesti seimbang dan sesuai anjuran dokter, ya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya