nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nor Diana, Pegulat Wanita Berhijab Pertama di Dunia!

Muhammad Nazri, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 10 614 2077156 nor-diana-pegulat-wanita-berhijab-pertama-di-dunia-2xg3eQgkht.jpg Pegulat berhijab pertama di dunia (Foto: Mashable)

Olahraga gulat terkenal dengan atlet pria yang berotot dan kekar. Namun seiring perubahan zaman, atlet pegulat tidak hanya pria saja, seorang wanita bisa menjadi atlet pegulat.

Di Malaysia, ada seorang atlet pegulat wanita bernama Nor ‘Phoenix’ Diana yang banyak diperbincangkan. Sebab ia merupakan satu-satuya atlet pegulat wanita berhijab.

 Pegulat

(Foto: Inst)

Tetapi banyak orang yang tidak mengetahui wanita berusia 19 tahun ini. Ia sudah berlatih gulat selama lebih dari 3 tahun.

Di awal karirnya menjadi penggulat, Diana masih menggunakan topeng saat bertanding di ring.

“Tidak hanya jadi pemandangan yang tidak biasa karena saya bertubuh relatif kecil daripada pegulat lainnya. Beberapa bahkan tidak tahu apakah aku seorang laki-laki atau perempuan," ujar Nor Diana yang dipanggil Phoenix di panggung.

Nor Diana selalu mengenakan topeng dan tertutup sepenuhnya saat bertanding. "Wajar banyak orang tidak mengenali saya."

Tidak seperti pegulat perempuan pada umumnya yang cenderung pakai baju terbuka. "Namun kalau mau jujur, saya lebih suka bergulat tanpa menggunakan topeng,” kata Diana yang dilansir dari Mashable kemarin.

Selama My PW Wrestlenation pada 8 Desember 2018, ia memutuskan untuk membuka topeng setelah memperoleh kekalahan pada pertandingan Mask vs Pride.

Ketika ia memasuki ring pada 14 Desember di SPW Ladies Night Singapura, Diana tampil sangat berbeda dari sebelumnya. Ia mulai mengenakan hijabnya dan mengalahkan lawannya di atas panggung.

Keunikannya sebagai atlet gulat membuat Diana mulai dihujani followers di beberapa media sosial.

Perjalanan Diana menjadi seorang Phoenix berawal saat ia menggantikan pegulat di suatu acara. Waktu itu, ia baru saja berlatih selama dua bulan.

“Setelah hanya berlatih selama dua bulan, saya harus menggantikan pegulat di suatu acara. Saya sangat terkejut karena saya baru belajar membenturkan dengan benar. Saya belum mengembangkan kepribadian saya pada saat itu. Saya bahkan belum punya pakaian tinju."

Jadi saya pergi ke toko bundel, membeli celana panjang dan rompi kulit. "Tapi saya masih belum memiliki kepribadian di atas ring. Saat itulah pelatih saya memberi saya nama panggung dengan sebutan Phoenix. Itu juga ketika dia memberi saya topeng luchador untuk dipakai,” katanya.

Dalam kehidupan nyata, Diana adalah orang yang pendiam. Tapi ketika di atas ring, ia bukanlah orang yang tepat untuk kalian ajak main-main.

“Keluarga saya, bahkan teman sesama pegulat, tidak menyangka dengan kepribadian saya di atas ring. Soalnya, saya biasanya orang yang pendiam. Saya adalah orang yang tertutup. Tapi saya suka gulat. Berada di ring gulat akan memunculkan kepribadian lain yang belum pernah dilihat orang lain.”

Jadi, apabila ada orang yang mengatakan, “Kamu bertarung seperti perempuan.” Tunjukkan kepada mereka, Sang Phoenix dari Malaysia ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini