nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doa Menghadapi Gempa Bumi

Minggu 14 Juli 2019 19:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 14 618 2078758 doa-menghadapi-gempa-bumi-bX2rY0r4or.jpg Gempa bumi (Foto: Ist)

Rupanya gempa tektonik berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Minggu (14/7/2019) sekira pukul 16.10 WIB.

Gempa

(Foto: The Dubrovnik Times)

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis BMKG gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 itu memiliki episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT.

Tepatnya gempa berlokasi di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 29 km.

Sesungguhnya gempa sering terjadi di Indonesia. Seperti dilansir NU Online, KH Abdul Karim atau Gus Karim, pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadi Solo mengunggah sebuah doa.

Selengkapnya doa itu sebagai berikut:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Dengan postingan doa itu, tentu saja KH Abdul Karim tidak saja bermaksud menganjurkan kepada masyarakat untuk membaca doa itu pada saat itu juga.

Namun doa tersebut juga untuk dibaca sewaktu-waktu ketika terjadi bencana gempa bumi atau lainnya yang membahayakan keselamatan jiwa.

Kita umat Muslim sudah selayaknya selalu memohon pertolongan kepada Allah. Sebab hanya Allah yang mampu menolong kita saat manusia tak sanggup menghadapi cobaan lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini