nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Bocah Pandai Berkhotbah di Depan Jamaah, Didoakan Jadi Ulama

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 15:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 06 614 2101486 viral-bocah-pandai-berkhotbah-di-depan-jamaah-didoakan-jadi-ulama-3kxEFkRXJA.jpg Ilustrasi (Foto: Abaoutislam)

Bakat setiap anak bermacam-macam. Tugas orangtua untuk mengarahkannya ke arah yang positif. Rupanya ada bocah pandai berkhotbah di depan jamaah masjid. 

Akun Instagram @yusufmansurnew membagikan video bocah pandai berkhotbah tersebut. Bocah ini punya bakat alami untuk memberikan khotbah di depan banyak orang.

Rupanya bocah laki-laki itu berasal dari Aceh. Ia tak ada rasa takut berkhotbah di depan puluhan jamaah masjid.

Ustadz Yusuf Mansyur dalam Instagram-nya meminta netizen untuk mendengarkan khotbah anak kecil tersebut. "Denger nih," katanya.

Bocah Pandai

Sejak pertama kali dibagikan pada Kamis, 5 September 2019, video ini sudah disaksikan 197 ribu kali. Komentar yang masuk pun kebanyakan bangga dengan sosok anak ini.

"Semoga besarnya bisa kayak Ustadz Somad ilmunya, Ustadz Mansur rezekinya, seperti Ustadz Abi Quraisyihab dalam bertutur kata dan berakhlak juga ilmunya. Semoga kelak mendapat ilmu yang barokah di jalan Allah SWT. Semoga menjadi penerus para ulama kelak. Aminn," ungkap netizen mendoakan bocah pandai berkhotbah tersebut.

So, apa isi ceramah yang diutarakan bocah ini?

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu."

Ulang saya akan ulang sekali lagi. Untuk memperlancar pintu tobat (tidak jelas bicara apa)

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu."

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunyawaddin, ashsholatuwassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Robbisrohlisodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du

Pertama-tama mari panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT. Pertama-tama mari kita panjatkan solawat pada junjungkan kita baginda Muhammad SAW

Bapak-bapak, ibu ibu (dua kali dan beberapa jamaah tertawa kecil melihat keluguan bocah ini)

Abang-abang, tuan tuan semua, anak-anak, jamaah semua semoga masuk surga

"Aku mau tanya, sayang nggak sama kedua orang tua?"

Alhamdulillah...

Kita mesti patuh pada kedua orang tua, lebih-lebih lagi kepada ibu kita, yang melahirkan kita menyusui kita dan membesarkan kita.

Allah SAW berfirman, (tidak jelas mengucaplan apa)

"Rhoma Irama pernah berpesan, boleh aku bernyanyi?"

(jamaah teriak boleh)

"Hai manusia, hormati ibumu yang melahirkan dan membesarkanmu. Darah dagingmu dari air susunya. Jiwa ragamu dari kasih-sayangnya."

Untuk itu bapak-bapak, mari kita doakan kedua orang tua kita.

"Allahummaghfirlana dzunubana wali walidaina war hamhuma kama robbayana shighara."

"Ya Allah, ampunilah dosa kami dan dosa kedua orang tua kami dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami diwaktu kecil, amin."

Banyak netizen yang memuji aksi anak kecil tersebut. Bahkan mereka meminta kepada Allah untuk diberikan anak seperti itu.

"Allahumma sholli alaa sayyidina muhammad... allahumma nurun ke anak turunku ❤," kata netizen.

"Masya Allah mau yang kayak gini satu dong," pinta netizen.

"Ya Allah titipkanlah amanah anak kepada hamba, izinkan hamba untuk mendidiknya menjadi shalih dan shalihah. Semoga aku segera bisa hamil ya Allah, sampai melahirkan sampai bisa melihat anak-anakku tumbuh dewasa. Amin," doa netizen usai menyaksikan video tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini