Alhamdulillah, 14 Manuskrip Tulisan Tangan Syaikhona Kholil Berhasil Ditemukan

Selasa 08 Oktober 2019 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 08 614 2114381 alhamdulillah-14-manuskrip-tulisan-tangan-syaikhona-kholil-berhasil-ditemukan-4pOkuzKd3P.jpg Ilustrasi manuskrip (Foto: Pixabay)

Syaikhona Kholil Bin Abdillathif Al-Bangkalani selain terkenal kewaliannya, juga terkenal karena sangat produktif dalam menulis kitab-kitabnya.

 Syaikhona Kholil

Syaikhona Kholil sejatinya gemar menulis kitab bahkan ketika ia masih berstatus sebagai santri. Hal ini masih berlanjut ketika ia sudah menjadi ulama besar dan memiliki banyak santri di Bangkalan, Madura.

Namun sayangnya, selama ini hanya kitab Assilaah fi Bayaninnikah dan kitab Al-Matnu Assyarif yang dikenal oleh masyarakat. Padahal kitab karya Syaikhona Kholil itu banyak sekali.

Oleh karena itu, generasi muda Bani Kholil berjuang keras untuk menemukan lebih banyak kitab karya Syaikhona Kholil yang selama ini belum dipublikasikan.

Lalu dibentuklah Tim Turots Syaikhona Kholil yang mempunyai tugas mencari karya-karya peninggalan Syaikhona Kholil dan menulisnya kembali, lalu menyebarkannya ke masyarakat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Dari pencarian tersebut, akhirnya kami menemukan sekitar 14 manuskrip tulisan tangan Syaikhona Kholil, sebagian adalah karangan beliau sendiri seperti kitab 'Isti’dad lil Maut'," ujar Tim Turots Syaikhona Kholil seperti dilansir Muslim Moderat beberapa waktu lalu.

Hal yang paling menarik adalah Ta’liqot Alfiah Ibnu Malik yang sampai sekarang masih dalam tahap penyalinan ulang. Terdapat pula kitab biografi Syaikhona Kholil yang kemungkinan ditulis oleh Syaikh Yasin Bin Isa Al-Fadani.

Sedangkan karya terbesar yang berhasil ditemukan adalah kitab terjemah makna Alquran tulisan tangan Syaikhona Kholil yang tersimpan di Kampek Bangkalan.

"Kami berharap untuk mendapat tetesan ridho dan barokah Syaikhona Kholil dengan berkhidmah kepada beliau, melalui perantara karya-karya beliau yang selama ini terpendam. Ini dilakukan agar semakin banyak orang yang bisa merasakan ilmu-ilmu jariyah beliau, mengaji ilmu dari kitab-kitab beliau meski beliau sudah wafat hampir seratus tahun yang lalu," terang Tim Turots Syaikhona Kholil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya