2020, Jamaah Haji Asal Jabar Diberangkatkan dari Bandara BIJB Kertajati

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 614 2150177 2020-jamaah-haji-asal-jabar-diberangkatkan-dari-bandara-bjib-kertajati-QMshdPBDAU.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, ditetapkan sebagai embakasi sekaligus debarkasi haji 2020. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menandainya dengan menyerahkan Surat Keputusan Menteri Agama kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Hadir dalam acara penyerahan surat tersebut yakni Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bukhori, serta perwakilan Bandara BJIB dan PT Angkasa Pura II.

Setelah penetapan tersebut, jamaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun 2020 akan terbang melalui BIJB Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Tanah Suci, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Perlu diketahui bahwa kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jamaah dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

Sebelum diterbangkan dari Bandara BIJB, semua jamaah terlebih dulu dikumpulkan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Fachrul di sela kunjungannya ke BIJB Kertajati sebagaimana rilis Kemenag yang diterima Okezone pada Selasa (7/1/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Fachrul Razi menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan haji. Ia berharap kebijakan menjadikan BJIB sebagai tempat layanan embarkasi/debarkasi membuat calon Tamu Allah nyaman.

Selain itu Fachrul menjelaskan bahwa pihaknya akan membuat layanan haji tahun ini sebagai pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan dari Tanah Suci.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jamaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jamaah bisa langsung pulang," ucapnya.

"Kami berharap itu bisa dilakukan juga di Kertajati untuk pilot projectnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya