nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keutamaan Membaca Surat Yasin, Salah Satunya Mati Syahid

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 18:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 614 2154348 keutamaan-membaca-surat-yasin-salah-satunya-mati-syahid-KzRQRzdtXU.jpg Berdoa untuk mendapat berkah Allah (Foto: Telegraph India)

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan, membaca Alquran memiliki banyak keutamaan yang akan didapatkan, termasuk membaca surat Yasin.

Membaca surat Yasin juga terdapat keutamaan tersendiri, seperti yang dijelaskan dalam beberapa riwayat. “Terdapat hadist Nabi Muhammad yang umum menjadi rujukan dan ditulis dalam beberapa riwayat, terkait keutamaan membaca surat Yasin,” katanya saat dihubungi Okezone, Jumat (17/1/2020).

 berdoa

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361).

Lebih lanjut, kata Fauzan, terdapat riwayat lainnya yang menyebutkan tentang keutamaan membaca surat Yasin. Seperti riwayat dari Ibnu Hibban mengatakan, hadist ini shahih dari Ma’qol bin Yasar, Nabi Muhammad SAW, bersabda,

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

Artinya: “Bacalah atas orang mati diantara kamu surat yasin.” (HR. Abu Daud/ Ibn Majah/ Nasa'i)

Kemudian, dalam riwayat lainnya mengatakan, bagi siapa saja yang membaca surat Yasin setiap malam maka ia akan mati dalam keadaan baik atau syahid. Yaitu dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda,

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ ، ثُمَّ مَاتَ ، مَاتَ شَهِيْدًا

Artinya: “Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemudian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid.” (HR. At Thabrani).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini