Alat Ini Bantu Penderita Diabetes Jalani Puasa Ramadhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 614 2181631 alat-ini-bantu-penderita-diabetes-jalani-puasa-ramadhan-ZCSexeYrsj.jpg Puasa Ramadhan (Foto: Prokerala)

Sebuah alat baru ditemukan dapat membantu penderita diabetes mengendalikan gula darah mereka selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan yang datang beberapa bulan lagi.

Alat manajemen gula darah tersebut dinamakan FAST (Fasting Algorithm for Singaporeans with Type 2 Diabetes). Alat ini menyediakan informasi penting bagi penderita diabates soal gula darah saat puasa.

 Puasa

Memberi informasi modifikasi untuk pasien dan dokter, serta mendorong pemantauan mandiri gula darah penderita selama dan setelah puasa.

FAST dikembangkan oleh Joyce Yu-Chia Lee dari National University of Singapore dan peneliti di University of California, Irvine, yang mengevaluasi keamanan dan efektivitasnya pada 111 orang dewasa puasa dengan diabetes tipe 2.

Rata-rata, mereka yang menggunakan FAST memiliki empat kali pengurangan hemoglobin A1c sebelum dan sesudah puasa dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol yang tidak menggunakan FAST.

Hasil penelitian menunjukkan, tidak ada hipoglikemia pada kedua kelompok. Selain itu, tidak ada peningkatan kejadian hipoglikemik minor pada kelompok FAST. Hal ini disampaikan dalam penelitian yang diterbitkan 9 Maret dalam jurnal Annals of Family Medicine sebagaimana dikutip dari Consumer Healthday.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Para peneliti mengatakan, penggunaan alat manajemen gula darah seperti FAST dapat membantu muslim selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

"Pasien diabetes yang berpuasa harus di bawah pengawasan dokter dan mengikuti diet rendah karbohidrat," ujar Dr. Jonathan Gabison di Michigan Medicine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya