Jamaah Australia Gagal Berangkat Umrah karena COVID-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 615 2181588 jamaah-australia-gagal-berangkat-umrah-karena-covid-19-lOwpL4hh5S.jpg Kakbah disterilkan (Foto: Twitter)

Harapan jamaah Australia yang tengah merencanakan umrah ke Arab Saudi dalam waktu dekat ini pupus. Sebab Pemerintah Arab Saudi memberlakukan larangan umrah sementara.

Umrah dilarang sementara sebagai upaya pencegahan COVID-19 makin menyebar. Apalagi saat ini, wilayah Makkah dan Madinah sudah disterilkan.

Jamaah Australia yang sudah terlanjur membayar paket umrah terpaksa harus mengurungkan niatnya pergi ke Tanah Suci kali ini. Hal ini membuat mereka tak bisa menyembunyikan rasa kecewanya.

 jamaah berharap bisa umrah

Mohamed Skaf, salah satu jamaah Australia yang hendak melakukan perjalanan pertamanya ke Makkah dibatalkan oleh pihak jasa travel. Ia masih mempertanyakan bagaimana pengemablian puluhan ribu dolarnya untuk umrah.

"Saya sangat menantikan kepergian saya kesana untuk melihat Kakbah yang selama ini didambakan umat Islam," ujar Skaf seperti dilansir dari SBS, Rabu (11/3/2020).

"Saya seharusnya pergi dengan tujuh anggota keluarga. Tetapi sekarang kami kehilangan kesempatan itu," sambung Skaf.

"Pastinya saya kecewa, tetapi virus korona adalah masalah nyata. Saya merasa keputusan itu ada benarnya. Memang sebaiknya kita tidak pergi. Mengenai biaya yang sudah dikeluarkan, katanya kami akan menerima refund sebagian."

Di United Muslim of Australia, pemimpin komunitas muslim, Ibrahim Dadoun telah meluangkan waktu mempersiapkan diri untuk memimpin 35 jamaah umrah ke Makkah. Namun, setelah mengetahui bahwa perjalanan itu dibatalkan, Dadoun harus menjelaskan insiden yang cukup mengecewakan itu.

“Itu sedikit sulit karena semua orang berharap untuk pergi umrah,” kata Dadoun.

“Kami mencoba mengartikulasikannya dengan cara terbaik agar mereka dapat memahami dan mengetahui bahwa ini adalah keputusan terbaik yang harus diambil," pungkas Dadoun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini