nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imam Besar Masjidil Haram Sebut Virus Corona Ujian dari Allah, Muslim Harus Sabar

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 13:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 04 330 2194090 imam-besar-masjidil-haram-sebut-virus-corona-ujian-dari-allah-muslim-harus-sabar-tku1EUU7L2.jpg Syeikh Abdul Rahman Al Sudais. Foto: Istimewa

WABAH virus corona (COVID-19) yang menyerang manusia merupakan ujian dari Allah SWT. Muslim yang terdampak harus sabar menjalani cobaan ini.

Demikian disampaikan Imam Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syeikh Abdul Rahman Al Sudais lewat akun Twittternya. Selain itu ia juga mengingat agar Muslim berikhtiar mencegah penularan penyakit tersebut dengan cara mematuhi aturan yang diterapkan pemerintah.

“Harus memperhitungkan, memperhatikan, mencegah, serta mematuhi tindak pencegahan yang dilakukan pemerintah,” kata Syeikh Sudais.

Dia menambahkan, tindakan yang paling baik dan wajib ditaati adalah tetap berdiam di rumah. Menurutnya itu merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga Arab Saudi dari penyebaran virus corona.

Dia juga menekankan pentingnya bekerja sama dengan pemerintah dengan tetap disiplin mematuhi peraturan yang ditetapkan. Salah satu tujuan Syariah, kata Syeikh Sudais, adalah menjaga jiwa dan tubuh.

“Jangan mengikuti kecemasan, jangan panik, pastikan mengambil informasi dari sumber yang dapat diandalkan, baik dari otoritas keamanan atau Departemen Kesehatan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Inews.

Sebelumnya dikabarkan beberapa kota telah ditutup atau lockdown guna mencegah penularan corona. Kota tersebut antara lain Mekkah dan Madinah. Dikutip dari Saudi Press Agency, Raja Salman juga melarang orang-orang memasuki atau keluar dari perbatasan Makkah, Madinah, dan Riyadh guna menahan laju persebaran penyakit tersebut.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini