nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Humor Gus Dur, Polisi dan Kuda Mati

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 00:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 06 614 2195141 humor-gus-dur-polisi-dan-kuda-mati-U9S9mfuZ25.jpg Humor Gus Dur tentang Kuda Mati (Foto: Vt.co)

Kepribadian KH. Abdurrahman Wahid atau akrab dipanggil Gus Dur yang menonjol adalah berpikiran kritis. Hal yang sering dikritisi adalah kinerja institusi di negeri ini, namun berkat kelihaiannya mengolah kata setiap kritikannya diterima dengan tawa.

Seperti yang diungkapkannya di depan para wartawan semasa hidup. Gus Dur bercerita tentang seorang penggali kubur yang menemukan seekor kuda mati di depan pintu bangunan. Penggali kubur langsung menelepon kantor polisi dan menceritakan kronologi peristiwa

Jawaban seorang aparat kepolisian sungguh di luar dugaan. "Semua yang mati sia-sia menjadi urusan penggali kubur. Bukan urusan saya," katanya.

Penggali kubur yang jengkel tak mau kalah. "Ya saya tahu itu, Pak! Tapi sebelum menguburnya saya mesti kasih kabar dulu kepada saudaranya, kan?"

Meski bernada humor, kisah tadi mengandung pesan bahwa institusi pemerintahan terkadang terlalu prosedural sehingga melupakan fungsi keberadaannya sebagai pengayom masyarakat.

Gus Dur secara tidak langsung menyoroti institusi pemerintahan yang seakan cenderung elitis dan kurang peka terhadap kondisi masyarakat. Tidak jarang hal prosedural dijadikan kesempatan oleh oknum untuk melakukan penyimpangan. Semoga aparat negara Indonesia tidak seperti itu.

*Diadaptasi dari buku Gus Dur, Kisah-Kisah Jenaka dan Pesan-Pesan Keberagaman karya Marwini, S.H.I., M.A., M.Si.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini