Humor Gus Dur: Alasan Ganti Nama Irian Jaya

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 614 2195906 humor-gus-dur-alasan-ganti-nama-irian-jaya-97DKONm28T.jpg Humor Gus Dur (Foto: Reuters)

SEBAGAI tokoh kemanusiaan, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjaga dialog dengan seluruh unsur masyarakat. Salah satu kelompok yang kerap menjadi perhatiannya adalah masyarakat Irian Jaya, kini dikenal bernama Papua.

Lahirnya nama Papua tidak lepas dari peran Gus Dur. Pada penghujung Desember 1999, Gus Dur menuju Kota Jayapura untuk bertemu masyarakat di sana yang dikabarkan memilih memisahkan diri dari Indonesia. Menurut putri Gus Dur, Yenny Wahid yang ikut mendampingi saat itu, suasana dialog di kantor Gubernur sangat dinamis dengan berbagai pendapat.

Gus Dur yang menjabat sebagai Presiden RI saat itu mendengarkan dengan sabar. Ia hanya meresponsnya dengan berkata,"Saya akan mengganti nama Irian Jaya menjadi Papua. Alasannya? Pertama, nama Irian itu jelek karena berasal dari bahasa Arab yang artinya telanjang (Urryan)."

Ia melanjutkan ceritanya bahwa ketika orang Arab datang ke pulau Irian Jaya melihat masyarakatnya berpenampilan polos telanjang. Walhasil, mereka menyebutnya pulau Urryan alias Irian.

"Alasan kedua Irian harus ganti nama karena dalam tradisi orang Jawa kalau anak sakit-sakitan, namanya akan digantu supaya sembuh. Biasanya sih namanya diganti Slamet. Tapi sekarang saya ganti Irian Jaya menjadi Papua," ujar Gus Dur.

Perubahan nama tersebut, menurut Yenny, menjadi salah satu cara mengembalikan harkat martabat masyarakat Papua sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia. Lantaran sebelumnya menyebut nama Irian Jaya saja dianggap melawan pemerintah. Menariknya lagi, Gus Dur memperbolehkan orang Papua mengibarkan bendera Bintang Kejora yang menurutnya tidak lebih sebagai identitas kultural masyarakat setempat.

*Diadaptasi dari buku Gus Dur, Kisah-Kisah Jenaka dan Pesan-Pesan Keberagaman karya Marwini, S.H.I., M.A., M.Si.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya