Bersolek Pakai Lipstik saat Puasa Boleh Saja, Asal...

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 330 2210907 bersolek-pakai-lipstik-saat-puasa-boleh-saja-asal-0o6Q2wQViK.jpg Ilustrasi. (Freepik)

BERSOLEK diri adalah hal wajar yang dilakukan oleh perempuan. Misalnya menggunakan lipstik sebagai perias bibir supaya nampak lebih indah.

Namun ketika sedang berpuasa, apakah diperbolehkan menggunakan lipstik? Sebab salah satu yang dapat membatalkan puasa adalah masuknya sesuatu ke dalam mulut, baik berupa makanan atau minuman yang dilakukan secara sengaja.

muslimah

Kemudian bagaimana hukum memakai lipstik ketika sedang berpuasa? Apakah dapat membatalkan puasa?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Abbas menuturkan, pada dasarnya menggunakan lipstik saat sedang berpuasa hukumnya adalah mubah atau dibolehkan. Namun dengan syarat, lipstik tersebut bukan berasal dari sesuatu yang haram.

"Memakai lipstik itu hukum dasarnya boleh, asal lipstik tersebut tidak dibuat dari sesuatu yang haram dan atau tidak didapat dengan cara-cara yang haram. Misalkan lipstik tersebut tidak merupakan hasil curian," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut, kata Anwar, jika lipstik memiliki tekstur yang basah apalagi memiliki rasa dan dapat dirasakan oleh lidah, maka bisa jadi diperbolehkan atau tidak. Sebab para ulama pun berbeda pendapat mengenai hal tersebut.

"Tapi untuk kehati-hatian mungkin selama puasa yang bersangkutan tidak usah memakai lipstik, atau kalau akan memakai juga maka cukup tipis saja dan kering," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya