Santri Pondok Gontor 2 Positif Corona, Karantina Wilayah Diberlakukan

Selasa 07 Juli 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 614 2242598 santri-pondok-gontor-2-positif-corona-karantina-wilayah-diberlakukan-n2BQqWvxth.jpg Ilustrasi penanganan virus corona. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

PONDOK Modern Darussalam Gontor Ponorogo memberlakukan karantina wilayah setelah seorang santri terkonfirmasi positif virus corona. Santri Pondok Gontor 2 yang positif terpapar covid-19 itu berjenis kelamin laki-laki berusia 17 tahun asal Kabupaten Sidoarjo.

"Santri tersebut datang ke Pondok Gontor pada tanggal 17 Juni 2020," kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Selasa (7/7/2020), dikutip dari Solopos.

Baca juga: Al-Jouf, Situs Peradaban Kuno Warisan Kaum Tsamud 

Ia menerangkan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mendapat informasi bahwa bapak dari santri Pondok Gontor 2 tersebut yang berada di Sidoarjo juga dinyatakan positif covid-19.

Dinkes Ponorogo, ungkap Ipong, kemudian mengambil sampel untuk melakukan swab test terhadap santri Pondok Gontor itu dan hasilnya terkonfirmasi positif covid-19.

"Saat ini santri tersebut sudah diisolasi di rumah sakit. Sedangkan di pondoknya (Pondok Gontor) sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat," ungkapnya.

Untuk semua kontak erat dengan santri terpapar covid-19 tersebut, lanjut dia, wajib diisolasi dari santri yang lainnya. Seluruh kontak erat pasien itu akan dilakukan rapid test maupun swab test.

Atas kondisi itu, untuk sementara Pondok Gontor 2 diberlakukan karantina wilayah. Para santri dan pengurus Pondok Gontor 2 tidak diperkenankan keluar.

Selain itu, Pondok Gontor 2 juga tidak diperkenankan menerima tamu atau kunjungan dalam keperluan apa pun kecuali pemenuhan kebutuhan pokok dan pelayanan kesehatan.

"Akan dilakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan isolasi di Pondok Gontor. Semoga upaya ini dapat mengendalikan dan mencegah penularan lebih lanjut," jelasnya.

Baca juga: Uniknya Masjid Al Osmani Medan, Berwarna Kuning Penuh Nilai Sejarah 

Selain santri Pondok Gontor 2, pada hari yang sama seorang bocah laki-laki berusia 6 tahun di Kabupaten Ponorogo juga terkonfirmasi positif covid-19. Bocah ini merupakan anak pertama dari pasien positif covid-19 nomor 44 di Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan bocah berusia 6 tahun warga Ronowijayan itu dinyatakan terkonfirmasi positif setelah dilakukan swab test.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bocah tersebut kemudian diisolasi ke rumah sakit bersama anggota keluarganya yang telah dinyatakan positif.

"Selain bocah ini, adiknya yang berusia 1 tahun juga dirawat di rumah sakit karena tiga hari lalu sempat mengalami demam. Sebenarnya sudah diambil swab, tetapi hasil pemeriksaan PCR belum keluar," ungkapnya.

Baca juga: Hakim Mahkamah Syariah di Aceh Dipukul Palu Usai Putuskan Sidang Cerai 

Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutterstock)

Atas tambahan santri Pondok Gontor dan bocah 6 tahun itu, pasien positif covid-19 di Ponorogo mencapai 56 kasus.

Sebanyak 32 pasien covid-19 sudah sembuh, sedangkan yang menjalani isolasi di rumah sakit sebanyak 19 orang, dan isolasi mandiri 2 orang serta 3 pasien meninggal dunia.

Baca juga: 10 Pesepeda Perempuan Berbaju Ketat di Aceh Akhirnya Dibina Ustadz 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya