Kemenag Siapkan Buku Manasik Haji Khusus bagi Muslimah

Rabu 02 September 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 614 2271660 kemenag-siapkan-buku-manasik-haji-khusus-bagi-muslimah-oLisA868Zr.JPG Jamaah haji wanita asal Indonesia (Foto: Okezone.com)

DALAM rangka memuliakan kaum hawa, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) berencana menyiapkan buku manasik haji yang dikhususkan bagi perempuan.

Mantan Kasubdit Advokasi Haji, Wawan Djunaedi dalam acara pisah sambut Sri Ilham Lubis yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU menyatakan bahwa buku manasik ini sengaja didedikasikan bagi seluruh perempuan muslimah karena kemuliaannya.

“Kemenag akan menyiapkan buku manasik haji perempuan dan buku saku manasik haji perempuan,” kata Wawan, dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (2/9/2020).

Ia menjelaskan, penerbitan buku manasik haji perempuan ini berawal dari diskusinya dengan Direktur Bina Haji, Khoirizi saat dirinya menjabat sebagai Kasubdit Advokasi Haji di Ditjen PHU. Menurutnya, manasik haji perempuan terhitung lebih kompleks dibanding manasik haji laki-laki.

Baca juga: Ustadz Dhanu Ungkap Bahaya Sombong, Menghancurkan Pahala Amal Saleh

“Hal ini berlatar belakang karena banyaknya perbedaan antara manasik haji laki-laki dan perempuan yang terhitung lebih kompleks bagi perempuan,” terangnya.

Saat ini kata dia, kedua buku tersebut masih dalam proses pencetakan. Buku manasik haji perempuan akan dibagikan kepada seluruh pembimbing haji. Adapun buku saku manasik haji perempuan, akan didistribusikan kepada jamaah haji perempuan.

“Untuk para pembimbing manasik haji akan dibagikan buku manasik haji perempuan karena berisi fiqih-fiqih manasik haji perempuan, sedangkan buku sakunya akan dibagikan kepada jamaah haji perempuan,” tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini