Viral di TikTok, Ini Kisah Inspiratif Maita Hijaber Melawan Tumor Wajah

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 614 2319076 viral-di-tiktok-ini-kisah-inspiratif-maita-hijaber-melawan-tumor-wajah-pV44DCJ9yi.jpg Hijabers Maita mengidap tumor jinak. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA – Hijaber Maita sempat viral di TikTok lantaran menginspirasi dalam menghadapi ujian penyakit, yaitu tumor di wajahnya.

Nama Maita pun menarik perhatian artis Gritta Aghata dan mengundangnya untuk bisa berbagi inspirasi melalui YouTube Channelnya.

Dalam percakapannya, Hijabers Maita mengungkapkan awal mula dia menderita penyakit tumor.

Baca Juga: Sering Bertengkar dengan Pasangan? Begini Caranya Menghindarinya

Wanita asal Bandung ini menceritakan bermula ketika umurnya 2 tahun. Sejak saat itu dia belum tahu hasil diagnosis dokter perihal penyakitnya.

Bertahun-tahun tak kunjung sembuh, keluarga Maita pun memberanikan dirinya untuk mengambil tindakan dengan operasi saat umurnya 7 tahun. Saat itulah diketahui penyakitnya. adalah tumor.

Setelah 22 tahun, penyakit yang diderita Maita tetap ada. Walaupun sudah melakukan 15 kali operasi besar. Untungnya, tumor yang dideritanya bukanlah tumor ganas mematikan.

Baca Juga: Viral Video CCTV Penjambretan, Pengemis Tua Menangis: Uang Itu untuk Membeli Kain Kafanku

"Produk herbal juga sudah aku cobain semua. Ada yang sehari aku harus minum 20 kapsul. Tapi tidak ada efeknya meski sudah habis puluhan juta," ungkapnya, dikutip dari YouTube Channel, Selasa (1/12/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam dunia kesehatan, tumor diartikan sebagai penyakit yang mematikan bagi mayoritas orang. Namun, anggapan tersebut tak sebetulnya benar. Karena tumor terbagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau umumnya dikenal dengan kanker.

Hadapi Ejekan Teman

Diakuinya, kondisi tumor wajah tidaklah terasa sakit, bahkan tidak terasa apa-apa. Tidak juga terasa berat meski ada perbedaan wajah.

Kendati demikian, tantangan yang dihadapinya adalah omongan orang di sekitar. Dengan kondisi tumor wajah membuat Maita sering diledeki oleh teman-temannya.

Baca Juga: Cara Hadapi Omongan Orang Bermulut Jahil

"Paling omongan orang-orang di sekitar. Kalau yang enggak tahu bisa dimaklumi. Kalau yang sudah tahu tapi suka nanya, 'Kok masih begitu, waktu itu katanya sudah dioperasi?' Mereka masih tanya. Padahal mereka tahu prosesnya, tapi mereka tetap ngomong begitu. Mereka bilang gini, 'Percuma dioperasi juga'. Tapi kan merasakan prosesnya saya," ujar dia tegar.

Sempat terlintas di benak Maitha, bahwa omongan orang lebih sakit daripada tumor yang dideritanya. Tapi dia tetap berusaha berpikir positif. Tanggapan-tanggapan negatif tentang dirinya tak dia gubris. Yang dilakukannya adalah menjelaskan kondisi dirinya yang sedang sakit."Saya jelaskan kalau ini adalah sakit, sakit tumor dan sudah diobatin," ujarnya.

Namun Maitha pun selalu dinasehati oleh orangtuanya agar tetap percaya diri. Akhirnya dia berkesimpulan, selagi masih ada keluarga masih ada Tuhan semua akan baik-baik aja.

"Selagi masih ada Tuhan (Allah SWT)saya pasrah. Aku percaya apa yang diberikan oleh Tuhan (Allah SWT) itu yang terbaik kalau kita dikasih kekurangan sama Tuhan, pasti Tuhan kasih kelebihan dan memberikan kekuatan," ucapnya optimistis.

Maita tidak peduli dengan omongan sekitar. Maita hanya bersyukur dengan apa yang dialaminya saat ini. Maita yakin, Allah SWT telah memberikan kekuatan besar untuknya.

Dengan bersyukur Maita selalu merasa tenang, hati pun tak akan mudah runtuh."Kalau ada yang punya kekurangan, sabar saja, bersyukur saja insyar Allah semua baik-baik saja. Kalau buat yang normal seperti biasa, harus lebih bersyukur," pesannya.

Bersabar dan bersyukur dua kata yang mulia kedudukannya di dalam Islam.

Dua kata ini jika benar-benar diterapkan dan konsisten maka beban seberat apapun dan kebahagian sebahagia apapun maka yang diingat adalah Allah Subhana Wa Ta'ala (SWT)

Dalam dunia ini, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi kepada Takdir dan kehidupan sudah diatur oleh-Nya. Sebagai manusia kini hanya menjalankan apa yang telah diberikan Allah SWT.

Pada umumnya, manusia banyak yang tak pernah merasa cukup dengan yang dimiliki. Selalu merasa kekurangan sehingga ingin lagi. Padahal nikmat yang diberikan Allah SWT sangatlah besar. Hanya saja, manusia banyak yang tak bersyukur akan nikmatnya.

Intinya, setiap nikmat yang diberikan kepada kita harus kita jaga dengan baik. Allah Swt juga menjajikan akan menambah nikmat kepada umatnya yang senantiasa bersyukur kepada-Nya.

Allah Ta’ala dalam banyak ayat di dalam Al-Qur’an memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah.

Allah Ta’ala berfirman,

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah ingkar” (QS. Al Baqarah: 152)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika dia mendapat kesenangan, dia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika dia tertimpa kesusahan, dia bersabar, dan itu baik baginya.” (HR. Muslim no.7692) 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya