Sudah Saatnya Mengoptimalkan Digitalisasi untuk Pengumpulan Lazis

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 614 2321180 sudah-saatnya-mengoptimalkan-digitalisasi-untuk-pengumpulan-lazis-snsqejXYkC.jpg Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief. (Foto:Tangkapan Layar/Lazismu

JAKARTA - Lembaga Amal Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah atau Lazismu akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Jumat dan Sabtu, 4 - 5 Desember 2020 secara daring atau virtual.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief mengatakan, pada rakernas nanti akan menitikberatkan pada bagaimana menyiapkan digitalisasi filantropi sebagai penguatan tata kelola Lazismu.

Baca Juga: Viral Sedekah Ratusan Porsi, Pedagang Mi Ayam: Bersedekah Jangan Menunggu Kaya

Hilman Latief mengatakan, digitalisasi filantropi saat ini menjadi sangat penting untuk menghimpun amal zakat infak sedekah. "Bukan saja menghimpun tetapi juga menyalurkannya juga perlu digitaliasasi," ujar Hilman dalam keterangannya, Kamis (3/12/2020).

Hilman menambahkan, dalam rakernas nanti ada kebijakan-kebijakan yang bisa mengakselerasi Lazismu sebagai organisasi pengelola zakat nasional. Dia juga menyinggung bahwa struktur Lazismu terlalu gemuk.

Baca Juga: Tangis Gus Mus Ingatkan Para Kiai Muda tentang Akhlak Rasulullah

“Saya menginginkan, Lazismu secara kelembagaan lebih ramping dan dinamis secara struktural. Tidak perlu semua AUM punya Kantor Layanan Lazismu. Sebanyak 20 kantor dengan penghimpunan Rp500 miliar lebih baik daripada 500 kantor dengan penghimpunan Rp20 miliar," sebutnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Alumni Utrecht University, Belanda, ini menyebutkan bahwa salah satu target Lazismu yang akan diperbaiki di Rakernas nanti adalah penguatan sumber daya manusia (SDM). Dengan penguatan SDM, Lazismu dapat memperbaiki tata kelola organisasi. Selain itu, Lazismu akan terus memperkuat SDM hingga tahun 2022. Baik amil dasar, amil ahli, dan lain-lain.

“Tata kelola harus terus ditingkatkan. Mulai dari kemampuan manajerial, perencanaan, manajemen program, menyusun agenda strategis, hingga kemampuan mengelola tim, dan lain sebagainya,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya