Nabi Muhammad SAW Gemar Makan Anggur, Ini Khasiatnya

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 614 2327331 nabi-muhammad-saw-gemar-makan-anggur-ini-khasiatnya-zP8wlF8HWN.jpg Buah Anggur dengan berbagai khasiatnya digemari Nabi Muhammad SAW (Pixabay)

JAKARTA –  Buah Anggur termasuk buah paling banyak kegunaannya untuk tubuh. Rasulullah SAW menyukai buah ini dengan berbagai keistimewaannya.

Allah Subhanahu Wa ta'ala (SWT) menciptakan tanaman dengan manfaatnya masing-masing, salah satunya adalah anggur. Buah ini banyak disebutkan di Al-Qur’an atas banyaknya keutamaan yang terkandung dalam buah anggur.

Firman Allah SWT dalam QS. An-Nahl Ayat 11 yang artinya:

Baca Juga: Mendidik Anak Sesuai Usia Sesuai Anjuran Ali bin Abi Thalib Ra

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Buah anggur dengan berbagai khasiatnya sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Rasulullah SAW sebagai teladan bagi umat-Nya banyak menganjurkan mengkonsumsi buah anggur untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga:  Dahsyatnya Kekuatan Doa, Syarat Dikabulkan Ada di Surat Al Baqarah Ayat 186

Dituturkan oleh Ibnu Qayyim sahabat Rasul. Menurutnya, anggur adalah salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. "Anggur adalah salah satu buah dari sekian banyak buah, salah satu makanan bergizi dari sekian banyak makanan bergizi, salah satu obat dari sekian banyak obat, atau salah satu minuman dari sekian banyak minuman," ungkap Ibnu Qayyim.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi atau akrab disapa Ibnu al-Baitar (1197 M - 1248 M) menuturkan bahwa anggur yang baik adalah anggur yang berukuran besar, berkulit tipis, berbiji jarang, dan berwarna agak kemerah-merahan.

Baca Juga: Ada 3 Musibah yang Tidak Disadari Manusia

"Ia juga tergolong paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya, karena mengandung banyak lemak la dapat menggemukan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar saluran pencernaan. Anggur juga bermanfaat untuk meningkatkan libido, memulihkan orang yang sakit, dan menguatkan jantung," jelas Ibnu Baithar, ahli botani Muslim terkemuka di era kejayaan Islam di Andalusia, dalam Buku “7 Buah-Buahan Istimewa dalam Al-Qur’an dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia” ditulis oleh Hamid Sakti Wibowo dikutip pada Senin (14/12/2020)

Anggur yang tersebar luas di berbagai daerah ini dapat memudahkan umat manusia untuk memperolehnya. Keistimewaan buah yang memiliki banyak khasiat ini berguna untuk obat dari berbagai penyakit. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya