Ada 3 Pesan Penting di Dalam Ayat ke-16 Surat At Taghabun

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 330 2352376 ada-3-pesan-penting-di-dalam-ayat-ke-16-surat-at-taghabun-8cQ10ShPOP.jpg Bacalah Al-Qur'an karena di dalamnya terkandung pentunjuk hidup dan kehidupan. (Foto:Freepik)

JAKARTA – Surat At-Taghabun adalah surat urutan ke-64 di dalam Al-qur'an. Surat ini berisi 18 ayat. Di ayat 16 berbunyi:

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad menjelaskan ada tiga makna di dalam ayat ke -16 Surat At-Taghabun tersebut.

Pertama, adalah perintah Allah agar kaum muslimin bertakwa semampu mungkin, dengan mengutamakan kepatuhan terhadap pedoman yang dibawa oleh Rasul-Nya.

Kedua, menurut Dadang adalah perintah untuk mendengar, yaitu kerendahan diri untuk terus belajar dari siapapun saja dan mengamalkannya.

“Ilmu itu harus dilaksanakan, jangan hanya dijadikan referensi saja. Jaman sekarang itu orang kan lebih senang mengumpulkan ilmu. Terutama ilmu agama juga sama. Pada pinter, pada hebat. Tapi pas ketaatan, pelaksanaannya tidak ada. Terjadi perbedaan antara keilmuan dan ketaatan,” tutur Dadang dikutip dalam laman Muhammadiyah pada Kamis (28/1/2021).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dadang melanjutkan bahwa makna yang ketiga adalah perintah untuk mengamalkan.

“Saya memahaminya sebagai ‘sebarkanlah’. Belajar, laksanakan dulu oleh kita lalu sebarkan. Saya kira ini sangat cocok untuk kita yang di Majelis Tabligh ya, terus belajar tentang ilmu, laksanakan dulu oleh kita, lalu sebarkan,” imbuhnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya