Doa untuk Bayi di Dalam Kandungan, Ini Bacaan Ibrahim sang Bapak Para Nabi

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 330 2362967 doa-untuk-bayi-di-dalam-kandungan-ini-bacaan-ibrahim-sang-bapak-para-nabi-8WxyS0ECcV.jpg Kehadiran anak sangat dinantikan pasangan suami istri. (Foto:Freepik)

JAKARTA- Adakah doa untuk bayi di dalam kandungan? Setiap orang yang telah berumah tangga atau akan, pasti menginginkan si buah hati.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan mungkin ada yang telah menanti bertahun-tahun, namun belum juga dikaruniai buah hati. Juga ada yang menginginkan agar anaknya menjadi saleh.

Maka perbanyaklah doa akan hal tersebut. Banyak doa yang telah dicontohkan dalam Al Qur’an dan Al Hadits. Di antaranya ada doa yang berasal dari para Nabi ‘alaihimush sholaatu was salaam.

Baca Juga: Keutamaan Ramadhan yang Tidak Ditemukan di Bulan Lainnya

Sebagaimana dikutip laman Rumasyo pada Selasa (16/2/2021) disebutkan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam berkata:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Robbi hablii minash shoolihiin”

(Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh)”. (QS. Ash Shaffaat: 100).

Baca Juga: Kufur Nikmat Tabiat yang Wajib Dihindari, Begini Penjelasannya

Ini adalah do’a yang bisa dipanjatkan untuk meminta keturunan, terutama keturunan yang saleh. Dalam Zaadul Masiir (7/71), dijelaskan maksud ayat tersebut oleh Ibnul Jauzi rahimahullah, “Ya Rabbku, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang nanti termasuk jajaran orang-orang yang saleh.”

Asy Syaukani rahimahullah mengatakan apa yang dikatakan oleh para pakar tafsir, “Ya Rabb, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang termasuk jajaran orang-orang yang sholeh, yang bisa semakin menolongku taat pada-Mu”.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jadi yang namanya keturunan terutama yang sholeh bisa membantu seseorang semakin taat pada Allah.

Nabi Dzakariya ‘alaihis salaam berdo’a:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa’” [Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa] (QS. Ali Imron: 38). Maksud do’a ini kata Ibnu Katsir rahimahullah, “Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar do’a.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 3/54). 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya