Puasa Tahan Tidak Makan, Tapi Mengapa Kerap 'Makan Daging Saudara Sendiri'?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 19 April 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 330 2397107 puasa-tahan-tidak-makan-tapi-mengapa-kerap-makan-daging-saudara-sendiri-69N9Es7v60.jpg Berpuasa termasuk menahan nafsu melakukan ghiba. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kalau urusan puasa banyak orang yang tahan tak makan, tapi banyak juga orang saat puasa yang tak tahan "makan daging saudara sendiri" alias ghiba.Melakukan ghibah, sibuk bergosip dan membicarakan aib orang lain.

Ghibah diperumpamakan dalam Al-Quran dengan “memakan daging mayat saudara sendiri”.

Allah berfirman:

“Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya”. [Al Hujurat :12]

"Harusnya seseorang sangat benci makan mayat (bahkan jijik), seharusnya ini juga yang ia rasakan ketika melakukan ghibah," ujar Ustaz dr Raenul Bahraen di akun Instagramnya dikutip pada Senin (19/4/2021)

Baca Juga: Istiqlal Islamic Center of Taronto Masjid Pertama yang Berdiri di Kanada saat Ramadhan 2021

Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy menjelaskan, 

شبه أكل لحمه ميتًا، المكروه للنفوس [غاية الكراهة]، باغتيابه

“Diserupakan dengan memakan daging mayat saudara karena hal ini dibenci oleh jiwa, (sangat benci) dengan melakukan ghibah.” (Tafsir As-Sa’diy)

Ghibah adalah menyebut-nyebut kejelekan saudaranya, padahal saudaranya tidak suka jika dibicarakan dan orang tersebut sedang tidak ada di majelis tersebut ketika dibicarakan.

Apabila yang dibicarakan itu berupa aib dan kekurangan itu tdak benar, maka perkaranya lebih berat lagi karena merupakan fitnah, sehingga tidak ada gunanya membahas dan membicarakan orang lain tanpa kemashalahatan yang lebih semisal mencari solusi dan berniat akan menasihati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya