Bentuk Bermuamalah dengan Allah Ta'alah, Jangan Berharap Ucapan Terima Kasih Seteleh Memberi

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 330 2408367 bentuk-bermuamalah-dengan-allah-ta-alah-jangan-berharap-ucapan-terima-kasih-seteleh-memberi-vN3RNj0L5S.jpg Memberi makan kepada sesama. (Foto: Okezone/Dok)

JAKARTA -  Apa sebenarnya tujuan memberi makan kepada sesama? Mengharapkan pahala, mengharapkan keridhan Allah Ta'ala silahkan saja memahaminya seperti itu. Namun yang patut diingat saat memberi makan kepada sesama yakni jangan pernah berharap ucapan terima kasih

Seperti Allah Ta'ala berfirman:

"(mereka berkata), "Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu." (QS. Al-Insan: Ayat 9)

Baca Juga: Tidak Puasa Ramadhan, Bagaimana Mungkin Dapatkan Keutuhan Makna Idul Fitri

Ustaz  Dr Firanda Andirja MA menjelaskan, seorang yang memberi hendaknya selalu waspada agar jangan sampai ia mengharap balas budi atau pun rasa dan ucapan terimakasih dari yang diberi, namun hendaknya ia hanyalah mengharapkan rida Allah Ta' ala dari apa yang telah dia infakkan.

"Adapun seseorang yang diberi, maka hendaknya ia tahu diri untuk berterima kasih dan berusaha untuk dapat membalas budi," ujarnya saat dikutip Kelas UFA, Senin (10/5/2021) 

Selain dapat membebaskan hati dari ketergantungan kepada makhluk, membalas budi juga adalah perbuatan terpuji yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW baik dengan doa, atau hal-hal lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya