DD Semarakan Hari Berbagi Nasional Bersama Warg di Permukiman Padat Muara Bahari

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 614 2409956 dd-semarakan-hari-berbagi-nasional-bersama-warg-di-permukiman-padat-muara-bahari-lBJi779b75.jpg

JAKARTA – Semarak di Hari Berbagi Nasional pada Selasa (5/5/2021) Dompet Dhuafa bersama para relawan dari DDV dan Rumah Belajar Lebah mengadakan kegiatan berbagi bersama para dhuafa dan anak-anak yatim di kawasan Kampung Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan diawal dengan pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh para tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa lalu dilanjutkan dengan Dongeng Ceria yang diisi oleh selebritis Ibukota, Eriska Rein.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini saya jadi tahu keluhan sakit yang saya hadapi dan sekaligus pencegahan hingga pengobatannya. Terima kasih banyak para donatur Dompet Dhuafa, semoga layanan seperti ini lebih sering diadakan terutama di wilayah kami,” ujar Sukmawati salah satu penerima manfaat atas kehadiran Layanan Kesehatan Cuma-cuma di wilayahnya, sore ini (5/5/2021).

Sebanyak 50 penerima manfaat yang mayoritas lansia, merasakan manfaat adanya LKC. “Mayoritas masyarakat yang memeriksa di layanan kami mengalami kolestrol lebih, darah tinggi dan asam urat. Semua berawal dari pola hidup serta pola makan yang setiap hari dikonsumsinya. Tentunya wilayah seperti ini harus ada penyuluhan dan edukasi terhadap pola hidup sehat,” ujar dr. Zainab Aqila, selaku Penanggung Jawab dari LKC Dompet Dhuafa.

Di sisi lain para anak-anak cukup ceria dengan kehadiran Selebritis Ibukota yaitu Eriska Rein. “Alhamdulillah dengan saya senang banget, bersyukur bisa diundang di acara ini. Anak-anak cukup antusias dengan dongeng Usman Bin Affan yang saya bawakan, sekaligus sembari menunggu waktu berbuka puasa menjadi hal yang positif bagi anak-anak,” ujar Eriska Rein, di sela-sela kesibukannya untuk berbagi dengan masyarakat sekitar.

Marini selaku Ketua Rumah Belajar Lebah mengatakan, “Alhamdulilah terima kasih atas dukungan para donatur Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) yang memberikan layanan kesehatan gratis bagi para lansia di wilayah Kampung Muara Bahari. Sudah lama para lansia membutuhkan pelayanan kesehatan ini, dengan melihat antusiasnya para lansia yang datang siang ini”.

Sementara itu Ahmad Faqih Syarafaddin selaku Ketua Ramadan 1442 H Dompet Dhuafa mengatakan, “Kita hari ini memperingati Hari Berbagi Nasional, karena hari ini 5/5 serta bulan Ramadan di hari ke 23 jadi kita ingin melipat gandakan pahala temen-temen di hari ini. Kita memilih wilayah ini karena masyarakat masih di ekonomi bawah, tapi di sini sekumpulan relawan yang punya rumah belajar untuk membangkitkan pendidikan secara swadaya, maka itu kita apresiasi dan program Dompet Dhuafa di sini sudah ada selama bertahun-tahun. Oleh karena itu kita mengajak sejumlah relawan maupun pihak untuk memberikan layanan kesehatan, tebar parcel, tebar zakat fitrah dengan door to door, santunan anak yatim dan bersihkan musala Nurul Ba’as.

“Hari ini juga kami gulirkan program Traktir Makan Sahabatmu untuk mewarnai bulan Ramadan, Dompet Dhuafa mengajak sebagian besar kita untuk kemudian memberikan makan atau mentraktir temanmu bagi yang membutuhkan. Sebanyak 180 paket makanan berbuka untuk masyarakat di wilayah ini. Indonesia terkenal dengan negara dermawan, maka hari itu Hari Berbagi Nasional menjadi momentum masyarakat untuk berbagi sesama, berbagi itu tidak hanya harta, tapi bisa dengan tenaga, keahlian dan sebagainya”, pungkas Faqih.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya