Bagaimana Hukumnya Sholat Sambil Memejamkan Mata?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 330 2419463 bagaimana-hukumnya-sholat-sambil-memejamkan-mata-30f7wPvLJU.jpg Sholat sambil memejamkan mata. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Sholat sambil memejamkan mata sering dijumpai di masjid-masjid atau diri sendiri juga pernah melakukannya. Nah, bagaimana hukumnya jika itu dilakukan. Apakah sholatnya tetap sah? 

Jika terjadi pada diri  kehilangan konsentrasi dalam sholat karena berhadapan dengan gambar atau ukiran yang menarik perhatian, bagaimanakah cara menghindarinya ? Bolehkah sholat sedangkan matanya terpejam ?

Dalam kitab Zadul Ma’ad, Imam Ibnul-Qayyim rahimahullah menulis satu pembahasan khusus tentang masalah ini. Di awal pembahasannya, dia menyatakan bahwa memejamkan mata dalam sholat bukanlah cara sholat yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW).

Baca Juga: Siapa Paling Berhak Memberi Nama Anak, Ayah atau Ibu?

"Yang diajarkan Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah memandangi tempat sujud atau memandangi ujung telunjuk ketika sedang duduk tasyahud," ujar Ustaz Muhammad Yassir, Lc.

Imam Ibnul-Qayyim rahimahullah juga membawakan adanya perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hukumnya.

Baca Juga: Berhati Burung Saat Mencari Rezeki, Jujur dan Tak Korupsi

Dia berkata, “Ada perbedaan pendapat ulama dalam masalah memejamkan mata ketika sholat. Ada yang memakruhkannya, seperti pendapat Imam Ahmad dan ulama lainnya. Menurut pendapat ini, makruhnya perbuatan itu karena menyerupai ibadah orang Yahudi.

Ada pendapat ulama lain yang mengatakan tidak makruh. Mereka beralasan bahwa dengan memejamkan mata akan lebih bisa memetik ruh dan tujuan sholat yaitu khusyu.

Melansir laman Almanhaj pada Kamis (3/6/2021) menjelaskan namun, pendapat yang benar adalah dengan melihat kondisi. Seandainya membuka mata tidak mengurangi rasa khusyu’, maka itu lebih utama dilakukan.

Akan tetapi, jika di hadapannya terdapat hal-hal yang bisa mengurangi rasa khusyu’ dan mengganggu konsentrasinya, seperti adanya hiasan atau dekorasi dan lain sebagainya,  maka dalam kondisi seperti ini tidak makruh untuk memejamkan mata dalam shalat, bahkan hukumnya bisa jadi sunnah. [Zâdul-Ma’âd, 1/283].

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya