Habluminallah dan Habluminannas Dilengkapi Lagi dengan Hablum Min Al - Bi'ah, Apa Itu?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 330 2420791 habluminallah-dan-habluminannas-dilengkapi-lagi-dengan-hablum-min-al-bi-ah-apa-itu-Nbhv00GVo5.jpg Hablu Min Al-Bi'ah atau hubungan manusia dengan mahluk lainnya seperti hewan dan alam sekitar. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Hubungan baik dengan Allah atau Habluminallah dan hubungan yang baik  manusia dengan sesama manusia atau Habluminannas. Namun ada satu lagi yang jarang dieksplorasi oleh ulama-ulama kita, cendekiawan-cendekiawan yakni Hablu min al-bi’ah.

“Hablu min al-bi’ah belum banyak dieksplorasi oleh ulama-ulama kita, cendekiawan-cendekiawan kita bagaimana pendekatan Islam terhadap persoalan ini. Seringkali saya sampaikan bahwa Nabi merupakan orang yang concern terhadap kesejahteraan makhluk non-manusia, misalnya binatang,” tutur Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni dalam Rakornas dan Silaturahmi Majelis Lingkungan Hidup (MLH) pada Sabtu (5/6/2021) dikutip dari laman Muhammadiyah.

Baca Juga: Difitnah Buzzer, Ustaz Adi Hidayat Tetap Membantu Jamaah Mulai Umrah hingga Kuliah S3

Hal ini menjadi tantangan bagi Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah untuk menyusun konsep Hablu min al-bi’ah atau mencintai lingkungan hidup. Sebab cara pandang teosentris (Hablu min Allah) atau antroposentris (Hablumin al-nas) belum cukup menyudahi kerusakan lingkungan. Menurut Syafiq, rahmatan lil’alamin dapat dijadikan sebagai asas dalam menyusun kerangka konsep Hablu min al-bi’ah.

“Inti dari Hablu min al-bi’ah adalah bagaimana perspektif kita tentang paham keagamaan ini harus diperluas menjadi bagaimana berinteraksi dengan lingkungan hidup ini. kalau kita tidak menjangkau ke sana dan menjadikan ideologi Muhammadiyah, maka jangan-jangan Muhammadiyah akan kehilangan isu yang sangat relevan dengan kebudayaan modern,” ungkap Syafiq.

Syafiq berharap Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah tetap melakukan kampanye terhadap pentingnya pendekatan holistik terhadap ajaran Islam. Jika berhasil dikembangkan ihwal Hablu min al-bi’ah, maka kata Syafiq, akan menjadi tajdid Muhammadiyah paling aktual dan semakin relevan dengan laju perkembangan zaman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya