Takbir Keliling Dilarang karena Memancing Kerumunan

Binti Mufarida, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 614 2440445 takbir-keliling-dilarang-karena-memancing-kerumunan-NQ5WDG55HR.jpg Takbir keliling sebelum masa pandemi Covid-19. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Takbir keliling dilarang pada saat malam Idul Adha kembali disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Bidang Kerukunan Umat Beragama, Ishfah Abidal Aziz. Dia mengatakan aturan ini telah diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama.

“Jadi begini untuk pelaksanaan takbiran sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2021 yang ketentuan lebih rinci nanti tidak atur di dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 tahun 2021,” kata Ishfah secara virtual, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Kreteria dan Syarat Hewan Kurban, Perhatikan Jangan Sampai Salah Beli

Ishfah menegaskan SE Menag tersebut mengatur pelaksanaan takbiran baik di masjid maupun mushola di wilayah zona-zona Covid-19. Dimana daerah yang dinyatakan aman oleh pemerintah maksimal 10%.

“Itu diatur bahwa pelaksanaan takbiran di yang dilaksanakan di masjid dan musala, untuk daerah-daerah yang dinyatakan sebagai zona aman ya oleh pemerintah setempat atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tempat maka dapat dilaksanakan maksimal 10% dari kapasitas yang ada,” paparnya.

Baca Juga: Viral Mobil Takbir Keliling, Ingatkan Amalan Sunah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

“Kalau masjid, musala itu kapasitasnya 100, maka yang dapat melaksanakan takbiran di masjid atau musala dengan kapasitas 100, maka maksimal sejumlah 10 orang. Nah itu pun harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” tambah Ishfah.

Kemudian, kata Ishfah, pelaksanaan takbir keliling mutral tidak diperbolehkan. “Pelaksanaan takbir keliling yang dilaksanakan diselenggarakan dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan berarak-arakan itu mutlak tidak diperbolehkan. Karena ini akan memancing munculnya kerumunan di masyarakat. Nah itu poin terkait dengan pelaksanaan takbiran.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya