Mengenal Hari Tasyrik Usai Idul Adha, Termasuk Makna dan Keutamaannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 614 2443835 mengenal-hari-tasyrik-usai-idul-adha-termasuk-makna-dan-keutamaannya-rJNlwjcJ5c.jpg Ilustrasi keluarga Muslim menikmati makanan di Hari Tasyrik. (Foto: Rawpixel/Freepik)

TERKAIT momen hari raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah, ada yang disebut Hari Tasyrik. Hari Tasyrik sendiri adalah tiga hari setelah Idul Adha, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Dikutip dari laman Atheer, Rabu (21/7/2021), diberi nama Hari Tasyrik karena secara tradisional selama tiga hari inilah orang-orang biasanya mengeringkan daging hewan yang mereka kurbankan dalam momen Idul Adha.

Baca juga: Viral Warga Situbondo Dikejutkan Awan Bertulis Lafaz Allah Jelang Idul Adha 

Dalam bahasa Arab, kata "Tasyreeq" sendiri bermakna 'mengeringkan sesuatu'. Teori lain menyebutkan kata "Tashreeq" berhubungan dengan kata Arab "Shuooq" yang berarti 'matahari terbit'.

Selama tiga Hari Tasyrik, para jamaah haji menghabiskan malam di Mina. Selain itu, mereka juga bisa melempar jumrah, simbol dari merajam setan dan melakukan perjalanan ke Makkah sebelum matahari terbenam pada malam kedua belas untuk tawaf perpisahan.

Selama tiga hari suci ini, para jamaah haji disarankan melalui waktu dengan beribadah dan berdoa untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: 5 Gaya Hijab Syari Laudya Cynthia Bella, Full Pastel hingga Formal Look 

Selain itu, seperti dikutip dari laman Islamweb, tiga Hari Tasyrik adalah hari-hari untuk menunjukkan kebahagiaan, kepuasan, dan syukur atas nikmat besar yang diberikan Allah Azza wajalla.

Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebutkan makan dan minum agar seseorang dapat mengingat dan menyebut Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya. Maka itu, tiga hari ini dilarang untuk menjalankan ibadah puasa.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya