Muhammadiyah Percepat Mutu Pendidikan Melalui Edutabmu

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 614 2457711 muhammadiyah-percepat-mutu-pendidikan-melalui-edutabmu-ZBCZ92MO2o.jpg Muhammadiyah mempercepat proses peningkatan mutu pendidikan. (Foto: Muhammadiyah)

MAJELIS Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah terus melakukan terobosan untuk mempercepat peningkatan mutu pendidikan terutama dikalangan kaum Muslimin.

Hal itu dilakukan dengan memperkenalkan program Edutabmu yang merupakan program akselerasi pendidikan yang digagas oleh Lazismu Pusat.

Baca Juga: Jenderal Soedirman Saat Pimpin Perang Gerilya dalam Kondisi Sakit Tak Pernah Menunda Sholat

Ketua Badan Pengurus Pusat Lazismu Hilman Latief mengatakan pihaknya akan memangkas gap atau jarak akses pemerataan pendidikan di daerah minim akses di seluruh Indonesia.

 “ini sangat bermakna bagi kami, bermakna bagi murid kami, bagi bangsa kami, anak asuh kami dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan bukan hanya di masa pandemi, tapi juga untuk memangkas gap antara wilayah di Timur dan daerah terluar, daerah remote dengan kota,” tutur Hilman melansir laman Muhammadiyah pada Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Cinta Tanah Air Itu Syar'i Sebagian dari Iman

Terobosan ini sebenarnya telah dirancang sebelum pandemi. Hilman menuturkan pertemuannya dengan Duta Besar Korea Selatan Umar Hadi pada 2019 yang menjadi perantara awal pertemuan dengan Enuma.

Setelah menjalin komunikasi dan diskusi dengan Enuma selama berjam-jam pada berapa kesempatan melalui sambungan telepon, Hilman menuturkan akhirnya Muhammadiyah sepakat menjalin kerjasama untuk pengembangan pendidikan berbasis teknologi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Proses perencanannya pun menurut Hilman tidak mudah, persiapan kurikulum hingga sistematisasi pedagogis secara digital juga dikerjakan bersama setiap pekannya antara Enima, Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah selama satu setengah tahun.

Kerjasama dengan Enuma menurut Hilman akan dilakukan selama tiga tahun dengan hitungan 2 tahun berikutnya untuk evaluasi. Kerjasama ini menurutnya strategis bagi Persyarikatan Muhammadiyah yang menggelar puluhan ribu lembaga pendidikan di seluruh Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya