Share

Hentikan Pemberangkatan Jamaah Umrah, Kemenag Lakukan Evaluasi

Ari Sandita Murti, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 614 2533273 hentikan-pemberangkatan-jamaah-umrah-kemenag-lakukan-evaluasi-oy7lXMA0ih.jpg Ilustrasi ibadah umrah. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan menghentikan sementara pemberangkatan jamaah umrah sejak Jumat 15 Januari 2022. Keputusan ini diambil untuk mengevaluasi skema one gate policy (OGP) serta memantau perkembangan covid-19 di Indonesia dan Arab Saudi.

"Jamaah umrah akan diberangkatkan sampai 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi," jelas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Minggu 16 Januari 2022.

Baca juga: Ini Biaya Termurah hingga Termahal Perjalanan Umrah Selama Pandemi Covid-19 

Baca juga: Hafizul Quran Taqy Malik Lelang Jam Tangan Rp1,1 Miliar untuk Bangun Masjid, Dimenangkan Juragan 99 

Dia menerangkan, pemberangkatan jamaah umrah sejatinya telah berjalan sejak Sabtu 8 Januari 2022. Total jamaah yang telah berangkat mencapai 1.731 orang melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur.

Skema OGP sendiri mewajibkan jamaah umrah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede dilakukan screening kesehatan dan kelengkapan dokumen.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun jamaah umrah yang telah berangkat pada Sabtu 8 Januari 2022 dijadwalkan kembali ke Indonesia Senin 17 Januari. Para jamaah itu bakal dievakuasi dan dilihat ada tidaknya yang terdeteksi covid-19 varian omicron.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Dapat Banyak Uang dari Balsam yang Digosok ke Gajah 

Baca juga: Viral Gadis Cantik Tetap Setor Hafalan Alquran ke Ibunya meski Lagi Main, Netizen: Keren Maksimal 

"Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus omicron makin berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi," tuturnya.

Dia menambahkan, pasca-evaluasi yang dilakukan bersama kementerian terkait, Kemenag bakal memutuskan apakah akan kembali memberangkatkan jamaah atau menghentikan sementara perjalanan umrah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini