Share

Buya Yahya Ungkap Tanda-Tanda Seseorang Meraih Ketakwaan di Bulan Ramadan

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 330 2571086 buya-yahya-ungkap-tanda-tanda-seseorang-meraih-ketakwaan-di-bulan-ramadan-SXPDtrZh4b.jpg Buya Yahya ungkap tanda-tanda seseorang meraih takwa di bulan Ramadan. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)

BULAN Ramadan 1443H/2022M tinggal menghitung hari. Di bulan penuh keberkahan nanti, umat Islam akan berlomba-lomba meraih ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tapi, bagaimanakah tanda jika manusia sudah mencapai ketakwaan tersebut?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan takwa sendiri merupakan bentuk sikap dan perilaku baik kepada Allah Subhanahu wa ta'ala serta sesama manusia. Ada banyak cara meraih ataupun meningkatkan ketakwaan pada bulan Ramadan.

Baca juga: 11 Negara dengan Waktu Puasa Tercepat, Indonesia Termasuk? 

Tidak sekadar menjalankan ibadah puasa, amalan baik lainnya juga harus dilakukan untuk menyokong seseorang meraih ketakwaan. Namun, kata Buya Yahya, pertanda seseorang mendapat ketakwaan itu tidak bisa dilihat saat bulan Ramadan, melainkan setelahnya.

"Lihat, setelah keluar dari bulan Ramadan, apa yang terjadi pada orang tersebut. Lebih bagus atau enggak. Kalau ternyata ada perubahan sedikit, itu pertanda diqobul, ibadah Ramadan-nya diterima, masuk ke wilayah takwa," tutur Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Ini Keistimewaan Membacanya, Buka di Alquran Digital Okezone 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa puasa Ramadan merupakan sebuah ujian untuk kaum Muslimin. Sementara hasilnya akan terlihat setelah selesainya bulan Ramadan. Jika ibadah seorang umat makin bertambah dan ketaatannya kepada Allah meningkat, maka berhasil meraih ketakwaan di bulan Ramadan.

"Maksiatnya berkurang, sama istrinya mulai lembut, sama suaminya sudah jarang tolak pinggang. Ini sudah berubah, berarti Ramadan-nya sudah benar," papar Buya Yahya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebaliknya, jika sikap dan ketaatan seorang umat tidak mengalami perubahan, bahkan makin buruk, maka dinilai gagal meraih ketakwaan di bulan Ramadan.

Jadi, hasil ketakwaan itu akan dilihat dari perilaku seseorang setelah berlalunya bulan Ramadan. Demikian yang disampaikan oleh Buya Yahya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Manfaat Baca Surat Al Kahfi Setiap Malam Jumat, Sangat Luar Biasa Besar, Sayang jika Dilewatkan! 

Baca juga: Berpuasa tapi Tidak Sholat, Apakah Sah Puasanya? 

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini