Share

Surat Al Baqarah Ayat 28: Bukti Kekuasaan Allah Menciptakan Dunia Kemudian Memusnahkannya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 330 2595098 surat-al-baqarah-ayat-28-bukti-kekuasaan-allah-menciptakan-dunia-kemudian-memusnahkannya-a2B1GNw1nK.jpg Ilustrasi Surat Al Baqarah Ayat 28. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 28 menjelaskan tentang salah satu bukti kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Lebih tepatnya, kekuasaan Allah Ta'ala dalam menciptakan kehidupan di dunia hingga kemudian memusnahkannya.

Al Baqarah merupakan surat kedua dalam Alquran yang dinamakan Az-Zahrawan (Dua yang Cemerlang). Pasalnya, surat ini menyingkapkan hal-hal yang menurut Alquran disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad. Selain itu, surah ini juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang bukti-bukti kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang terdapat pada ayat 28 hingga 29.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 28 surah Al Baqarah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

كَيْفَ تَكْفُرُوْنَ بِاللّٰهِ وَكُنْتُمْ اَمْوَاتًا فَاَحْيَاكُمْۚ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ اِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Arab-latin:

Kaifa takfurụna billāhi wa kuntum amwātan fa aḥyākum, ṡumma yumītukum ṡumma yuḥyīkum ṡumma ilaihi turja'ụn

Terjemahnya:

Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia mematikan kamu lalu Dia menghidupkan kamu kembali. Kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa bukti keesaan Allah SWT telah nyata dengan menciptakan makhluknya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir Kemenag RI:

Sungguh mengherankan perbuatan kamu itu, wahai orang-orang musyrik! Bagaimana kamu ingkar kepada Allah Yang Maha Esa dengan mempersekutukan-Nya, padahal bukti keesaan-Nya ada dalam diri kamu, yaitu kamu yang tadinya mati dan belum berupa apa-apa, lalu Dia menghidupkan kamu dari tiada, kemudian Dia mematikan kamu setelah tiba ajal yang ditetapkan untukmu, lalu Dia menghidupkan kamu kembali pada hari Kebangkitan. Kemudian hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan untuk dimintai pertanggungjawaban dan mendapat balasan atas segala amal perbuatan.

Demikian isi kandungan pada Surat Al Baqarah Ayat 28. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini