Share

Surat Ali Imran Ayat 3: Kebenaran Alquran dan Penjelasan Mengenai Kitab-Kitab Sebelumnya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 330 2596601 surat-ali-imran-ayat-3-kebenaran-alquran-dan-penjelasan-mengenai-kitab-kitab-sebelumnya-xZ2qcGoLAH.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 3. (Foto: Istimewa/mui.or.id)

SURAT Ali Imran Ayat 3 menjelaskan tentang kebenaran Alquran yang diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wassallam dan kitab-kitab sebelumnya. Surat Ali Imran termasuk golongan Madaniyah atau turun di Kota Madinah.

Surat Ali Imran berada di urutan ketiga dalam Alquran dan satu-satunya yang membahas pedoman cara memahami isi Al-Kitab (Alquran). Selain itu, surat ini juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang Alquran dan kitab-kitab sebelumnya yang terdapat pada ayat 1 hingga 9.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 3? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ

Arab-Latin:

Nazzala 'alaikal-kitāba bil-ḥaqqi muṣaddiqal limā baina yadaihi wa anzalat-taurāta wal-injīl

Artinya:

Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil,

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa kebenaran Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW dan kitab-kitab sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir Kemenag RI:

Dia menurunkan Kitab Al-Qur'an secara berangsur-angsur kepadamu, wahai Nabi Muhammad, yang mengandung kebenaran dan dalam keadaan hak, baik kandungan, cara menurunkan, yang membawanya turun, maupun yang menerimanya.

Kandungan Al-Qur'an itu membenarkan wahyu-wahyu Allah dalam kitab-kitab suci sebelumnya yang pernah diwahyukan kepada para nabi dan rasul, yakni yang berkaitan dengan pokok-pokok akidah, syariah dan akhlak. Dan Allah juga menurunkan sekaligus, tidak berangsur-angsur, kepada Nabi Musa kitab Taurat dan kepada Nabi Isa Kitab Injil sebelum turunya Al-Qur'an.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ketiga kitab suci tersebut berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia. Dan Dia menurunkan ketiga kitab suci tersebut sebagai al-Furqan yang berfungsi membedakan antara yang haq dan yang batil.

Sungguh, orang-orang yang ingkar terhadap ayat-ayat Allah dengan menutupi tanda-tanda keesaanNya, baik yang terbentang di alam raya, melalui kitab suci maupun fitrah yang melekat pada diri setiap insan, akan memperoleh azab yang berat.

Allah Maha Perkasa yang tidak seorangpun dapat mengalahkanNya, lagi mempunyai hukuman bagi orang yang mengingkari bukti-bukti keesaan dan kekuasaan-Nya.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 3. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini