Share

Surat An-Nisa Ayat 136: Golongan Orang yang Tersesat Sangat Jauh

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 02:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 614 2600881 surat-an-nisa-ayat-136-golongan-orang-yang-tersesat-sangat-jauh-iFggxWKt2K.jpg Ilustrasi Alquran Surat An-Nisa Ayat 136. (Foto: Afshad/Pixabay)

SURAT An-Nisa Ayat 136 menerangkan tentang keistimewaan menjaga ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Surat An-Nisa termasuk golongan Madaniyah dan berisi 176 ayat.

Surat An-Nisa yang banyak membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita ini juga membahas berbagai pengajaran dalam setiap ayatnya. Salah satunya dalam tema keharusan menjaga kebenaran dan keadilan terkait keharusan berlaku adil yang terdapat pada ayat 135 hingga 136.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 136 surah An Nisa? Simak penjelasan berikut ini.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Arab-Latin:

Yā ayyuhallażīna āmanū āminụ billāhi wa rasụlihī wal-kitābillażī nazzala 'alā rasụlihī wal-kitābillażī anzala ming qabl, wa may yakfur billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulihī wal-yaumil-ākhiri fa qad ḍalla ḍalālam ba'īdā

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang perintah menjaga ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tafsir Kemenag RI:

Ayat ini menyeru kaum Muslimin agar mereka tetap beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya, dan kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada rasul-rasul sebelumnya.

Kemudian ayat ini memperingatkan orang-orang yang mengingkari seruan-Nya. Barang siapa mengingkari Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan hari akhirat, ia telah tersesat dari jalan yang benar, yaitu jalan yang akan menyelamatkan mereka dari azab yang pedih dan membawanya kepada kebahagiaan yang abadi.

Iman kepada kitab-kitab Allah dan kepada rasul-rasul-Nya adalah satu rangkaian yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Tidak boleh beriman kepada sebagian rasul dan kitab saja, tetapi mengingkari sebagian yang lain seperti dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Iman serupa ini tidak dipandang benar, karena dipengaruhi oleh hawa nafsu atau hanya mengikuti pendapat-pendapat dan pemimpin-pemimpin saja.

Apabila ada orang yang mengingkari sebagian kitab, atau sebagian rasul, maka hal itu menunjukkan bahwa ia belum meresapi hakikat iman, karena itu imannya tidak dapat dikatakan iman yang benar, bahkan suatu kesesatan yang jauh dari bimbingan hidayah Allah.

Demikian pembahasan isi Surat An-Nisa Ayat 136. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini