Share

Doa Bercermin Nabi Yusuf agar Diberi Rupa dan Akhlak Terbaik

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 618 2611305 doa-bercermin-nabi-yusuf-agar-diberi-rupa-dan-akhlak-terbaik-wuYYStZ3cs.jpg Ilustrasi membaca doa bercermin Nabi Yusuf Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)

DOA bercermin Nabi Yusuf Alaihissallam bisa diamalkan setiap hari oleh kaum Muslimin. Nabi Yusuf merupakan putra Nabi Yakub yang nasabnya tersambung ke Nabi Ibrahim hingga Nabi Adam Alaihissallam. Nabi Yusuf lahir di Kota Syam dari rahim Rahil, istri kedua Nabi Yakub.

Nabi Yusuf Alaihissallam dikenal sebagai nabi yang memiliki kecerdasan. Selain itu, ia juga mempunyai ketampanan luar biasa hingga mampu meluluhkan hati para wanita yang melihatnya.

Baca juga: Geger Wanita di Riau Diduga Bersuami Dua, MUI: Poliandri Haram 

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersua dengan Nabi Yusuf Alaihissallam di langit yang ketiga. Rasulullah telah bersabda bahwa sesungguhnya Nabi Yusuf dianugerahi separuh dari ketampanan, seperti disebutkan dalam hadis berikut:

"فَإِذَا هُوَ قَدْ أُعْطِيَ شَطْرَ الْحُسْنِ"

Artinya: "Dan ternyata Yusuf dianugerahi separuh dari ketampanan rupa."

Baca juga: Doa sang Nenek untuk Eril dan Kisah Kain Kafan Dibawa Ridwan Kamil ke Swiss 

Sementara dalam riwayat dari Anas Radhiyallahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda:

"أُعْطِيَ يوسف وأمه شطر الْحُسْنِ"

Artinya: "Yusuf dan ibunya dianugerahi separuh ketampanan rupa."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Nabi Yusuf Alaihissallam termasuk nabi yang selalu mendapatkan cobaan dari kecil hingga besar. Meski begitu, cobaan demi cobaan dilalui olehnya. Dengan doa-doanya, Nabi Yusuf dapat melewati berbagai cobaan dan fitnah.

Adapun salah satu doa yang biasa diamalkan Nabi Yusuf Alaihissallam adalah doa bercermin. Lantas, bagaimana doa bercermin Nabi Yusuf? Simak ulasan berikut ini.

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Arab latin: Allahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii

Artinya: "Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."

Doa tersebut umum dibaca saat bercermin dan kerap diajarkan kepada anak-anak. Bahkan saat bercermin pun Nabi Yusuf Alaihissallam berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberi rupa dan akhlak yang terbaik.

Demikian doa bercermin Nabi Yusuf yang dapat diamalkan setiap hari. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini