Share

Terdengar Bacaan Surat Al Fatihah dari Imam Sholat Dzuhur, Jamaah Harus Ucap Aamiin?

Hantoro, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 330 2643758 terdengar-bacaan-surat-al-fatihah-dari-imam-sholat-dzuhur-jamaah-harus-ucap-aamiin-6eu4K7IG6J.jpg Ilustrasi Sholat Dzuhur berjamaah. (Foto: Istimewa/Onepathnetwork)

BANYAK hal terjadi ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Salah satunya terdengar bacaan Surat Al Fatihah dari imam Sholat Dzuhur. Lantas, apakah jamaah harus mengucap aamiin?

Dikutip dari Muhammadiyah.or.id, dalam riwayat Imam Muslim dari Abu Qatadah didapati keterangan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam melakukan Sholat Dzuhur pada dua rakaat pertama membaca Surat Al Fatihah dan dua surat serta kadang-kadang memperdengarkan kepada mereka bacaan ayat.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Awal Pekan Senin 8 Agustus 2022M/10 Muharram 1444H 

"Dari Abu Qatadah dari ayahnya, menceitakan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassallam pada Sholat Dzuhur dan Ashar, pada dua rakaat yang pertama membaca Fatihah dan sebuah surat, dan kadang-kadang memperdengarkan kepada kami ayat-ayat, kemudian pada dua rakaat yang akhir membaca Fatihah." (HR Muslim)

Kata "Yusmiunal aayata ahyanan" mengandung arti kadang-kadang dalam membaca surat di waktu Sholat Dzuhur dan Ashar dapat diartikan kebolehan membaca jahr pada sholat yang biasa sir. Tetapi juga bacaan Nabi Shallallahu alaihi wassallam agak keras itu hanya ekspresi karena dalamnya pemikiran makna ayat, bukan karena jahr Al Fatihah dan surat, sebab yang didengar oleh para sahabat hanya beberapa ayat dan itu pun kadang-kadang.

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi Hari Ini: Dapat Ampunan Dosa dan Membuka Pintu Rezeki 

Pada intinya bacaan Sholat Dzuhur dan Ashar dilakukan dengan sir. Menurut penuturan Syekh Al Albani, hal tersebut didasarkan atas dasar ijma' yang menukil ulama khalaf dari salaf.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lalu yang menjadi persoalan selanjutnya adalah bagaimana kalau imam membaca jahr dalam Surat Al Fatihah Sholat Dzuhur atau kalau tidak jahr imam dalam membaca Al Fatihah-nya beraksentuasi sehingga bacaan akhir "Walaadhdhaaliin" kemudian imam membaca Aamin, sesuai dengan umum hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam riwayat Imam Bukhari.

Dalam suatu riwayat ada yang berbunyi "Idza ammanal imaamu faaminuu" artinya apabila imam membaca "Aamiin", maka bacalah "Aamiin" pula. Hanya saja karena pada prinsipnya bacaan Sholat Dzuhur itu sir, makmum dalam bacaan "Aamiin" kalau imam membaca agak jahr Al Fatihah dan Aamiin-nya adalah sir saja.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Cara Jitu Abu Nawas Biar Istri Cantiknya Tidak Diganggu: Ajak Para Pria Genit Makan Ubi Saja! 

Baca juga: 34 Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 2 Lengkap Bacaan, Arti, Tafsirnya soal Hukuman Zina 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini