Share

Penting Diketahui! Ini 3 Obat Alami Sangat Berkhasiat yang Dijelaskan dalam Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 616 2677127 penting-diketahui-ini-3-obat-alami-sangat-berkhasiat-yang-dijelaskan-dalam-alquran-l4pKjpCYrB.jpg Ilustrasi obat-obat alami yang dijelaskan dalam Alquran. (Foto: Freepik)

DI dalam kitab suci Alquran dijelaskan jenis-jenis obat alami yang sangat berkhasiat. Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan sudah digunakan sejak zaman dahulu.

Dari sekian banyak obat-obatan yang tertulis di dalam Alquran, berikut ini tiga obat alami yang bisa dijadikan penawar berbagai penyakit, sebagaimana telah Okezone himpun:

BACA JUGA:Viral Raja Charles III Kutip Surat Al Maidah dalam Pidatonya dan Ucapkan Insya Allah 

Buah delima. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

1. Buah delima

Ada banyak buah-buahan yang tertulis di dalam Alquran, salah satunya adalah delima. Buah berwarna merah ini disebutkan dalam Surat Ar-Rahman bahwa buah tersebut akan ada di surga kelak.

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ..فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya: "Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS Ar-Rahman: 68–69)

Bukan hanya kaya gizi, buah delima juga berfungsi sebagai obat alami. Seperti diare, sakit telinga, penglihatan yang buruk, demam, gangguan gigi dan gusi, serta gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Surat Al Waqiah Ayat 1-96 Lengkap Teks Arab, Latin, Terjemahan Indonesia, Tafsirnya 

2. Madu

Selanjutnya adalah madu yang dapat menjadi obat berbagai penyakit. Sebagaimana dijelaskan dalam Surat An-Nahl Ayat 69:

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS An-Nahl: 69)

Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, diterangkan pada Perang Dunia II, orang-orang Rusia menggunakan madu untuk menyembuhkan luka-luka yang dialami. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Buah zaitun

Bukan hanya bermanfaat untuk perawatan tubuh, buah zaitun juga memiliki khasiat lain, salah satunya melancarkan pencernaan. Hal ini juga dijelaskan dalam Alquran Surat An-Nahl Ayat 11:

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS An-Nahl: 11)

Wallahu a'lam bisshawab

Buah zaitun. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini