Share

Kisah Sahabat Abdullah bin Mas'ud Mendoakan Orang yang Mencuri Uangnya di Pasar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 November 2022 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 614 2715967 kisah-sahabat-abdullah-bin-mas-ud-mendoakan-orang-yang-mencuri-uangnya-di-pasar-CNcggpa0nP.jpg Ilustrasi kisah sahabat Abdullah bin Mas'ud mendoakan orang yang mencuri uangnya di pasar. (Foto: Freepik)

KISAH sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bernama Abdullah bin Mas'ud yang mendoakan pencuri patut menjadi contoh bagi semua Muslim. Tujuannya agar senantiasa berdoa pada Allah Subhanahu wa ta'ala dan mengurangi sifat dendam serta amarah.

Abdullah bin Mas'ud dikenal sebagai sosok sahabat yang sangat setia. Di kalangan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, dia dikenal sebagai orang yang cerdas dan berkepribadian mulia.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Sekeluarga Dijamin Masuk Surga Setelah Menerima Dakwah Nabi 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Sosok Abdullah bin Mas'ud bahkan dikagumi Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam karena kebaikan hatinya. Dalam salah satu hadits, Rasulullah berkata, "Sesungguhnya kaki Ibnu Mas'ud di timbangan Allah pada hari kiamat itu jauh lebih berat daripada Gunung Uhud."

Kenapa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam amat mengagumi sosok Abdullah bin Mas'ud?

BACA JUGA:7 Sahabat Paling Banyak Meriwayatkan Hadits Nabi, Ada yang Ingat hingga 5.374 Hadits 

Dalam buku berjudul 'Dahsyatnya Ibadah Para Sahabat Rasulullah' karya Yanuar Arifin, dikisahkan pada suatu hari Abdullah bin Mas'ud pergi ke pasar dengan membawa beberapa keping dirham untuk membeli sedikit makanan. Tanpa diduga, seseorang mencuri dirham tersebut.

Orang-orang yang mengenal Abdullah bin Mas'ud lalu mendoakan kesialan bagi pencuri itu, tapi Abdullah bin Mas'ud justru berkata, "Kalian jangan mendoakan kesialan untuknya. Akulah pemilik dirham-dirham itu. Aku akan berdoa untuknya dan harap kalian mau mengamini doaku." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Abdullah bin Mas'ud kemudian mengangkat tangannya lalu berdoa, "Ya Allah, bila Engkau mengetahui bahwa orang yang mencuri dirhamku adalah orang yang berhajat padanya, maka berkahilah dia dengan dirham itu. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa ia sebenarnya tidak berhajat padanya, maka ya Allah jadikanlah ini sebagai kemaksiatan terakhir yang ia lakukan dalam hidupnya."

Sungguh kisah ini mengajari kaum Muslimin cara berlaku baik terhadap orang lain, sekalipun pencuri. Sikap yang ditunjukkan Abdullah bin Mas'ud tersebut kembali memperlihatkan kepada semua orang tentang keagungan sikap sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Pada akhirnya dengan meniru sikap yang dicontohkan Abdullah bin Mas'ud, setiap umat juga berharap akan memperoleh karunia sebagaimana yang telah didapatkan olehnya, yakni pahala yang besar pada hari kiamat.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini