Share

Indahnya Masjid Raya Sumatera Barat Jelang Malam Hari

Arif Julianto/okezone, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 18:18 WIB

Tak semua masjid dinaungi kubah. Seperti halnya Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang. Rumah ibadah itu berbentuk persegi, dengan atap yang meruncing di empat sudutnya.

 

Bentuknya mirip atap bergonjong pada rumah adat Minangkau. Versi lain menyebut, bentuk itu terinspirasi pada bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad.

 

Masjid Raya Sumatra Barat adalah salah satu bangunan masjid terbesar di Sumatra yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Pada bentuk masjid itu sendiri, bagian atasnya menyerupai rumah adat Minang.

 

Pada bagian dinding luarnya juga terdapat ukiran kaligrafi. Tentu ini menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik pengunjung saat mengunjungi Kota Padang, Sumatera Barat.

 

Masjid ini dirancang tahan gempa hingga 10 SR sekaligus shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami. Bangunan utama Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari tiga lantai dengan luas area sekitar 40.343 meter persegi yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

 

Masjid Raya Sumatera Barat dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2016. Arsitek masjid ini yakni Rizal Muslimin yang merupakan pemenang sayembara desain masjid. Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat.

 

(FOTO : OKEZONE/ARIF JULIANTO) (hru)

 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(jul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini