nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Tips Pemenuhan Nutrisi Tepat Selama Bulan Puasa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 16 616 2056447 9-tips-pemenuhan-nutrisi-tepat-selama-bulan-puasa-lpZESjmss9.jpg Nutrisi Makanan saat puasa (Foto: Pixabay)

BULAN Ramadan adalah bulan penuh keberkahan. Setiap umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tentunya puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, perlu diingat kebutuhan nutrisi yang tepat pun harus diperhatikan selama bulan puasa.

Dengan memenuhi asupan nutrisi yang tepat pada saat berpuasa, maka seseorang pun bisa menjalani ibadahnya dengan lancar tanpa takut dihantui oleh berbagai macam kendala. Hal ini pun dibenarkan oleh Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK.

Menurutnya pemenuhan nutrisi yang tepat selama berpuasa merupakan langkah yang baik untuk tetap menjaga kebugaran tubuh sambil menjalankan ibadah. Dalam kesempatan ini, dr. Diana pun membagikan tips nutrisi tepat selama berpuasa untuk Anda. Yuk disimak.

1.Selama berpuasa ada baiknya seseorang lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Salah satunya adalah dengan memenuhi prinsip gizi seimbang. Yakni dengan mengonsumsi makanan yang dapat mencukupi gizi selama satu hari berpuasa.

2.Jumlah energi (kalori) selama bulan puasa tidak berbeda dengan hari-hari biasanya. Jadi pada saat puasa, seseorang hanya akan melewati jam makan siangnya saja, jadi usahakan jangan mengonsumsi kalori secara berlebihan.

3.Tertib dan tidak melewatkan waktu makan baik sahur dan buka puasa. Dengan tertib mengonsumsi makanan, maka seseorang dapat menjalankan ibadahnya dengan baik. Sahur sebelum berpuasa bisa membantu seseorang untuk tidak kelaparan hingga waktu berbuka tiba.

4.Pemenuhan gizi yang tepat pada saat sahur. Kunci puasa yang baik terdapat pda menu yang disantap pada saat sahur. Artinya dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks, protein , sayur dan buah maka puasa seseorang bisa berjalan dengan lancar.

5.Hindari makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan yang mengandung santan, hindari kopi dan teh saat sahur. Pasalnya kopi dan teh memiliki sifat mengeluarkan cairan dalam tubuh manusia.

6.pemenuhan gizi yang tepat pada saat berbuka puasa. Idealnya seseorang harus memenuhi asupan karbohidrat simpleks, kurma atau buah potong ditambah protein dan susu.

7.Makan malam pun harus diperhatikan nutrisinya. Pastikan menu makan Anda mengandung karbohidrat kompleks, protein serta sayur dan buah.

8.Aktivitas fisik dan olahraga pun sebaiknya diperhatikan selama bulan puasa. Ada baiknya jika seseorang melakukan olahraga minimal 30-40 menit mendekati waktu berbuka atau setelah berbuka puasa.

9.Sebagaimana diketahui, tubuh manusia terdiri dari air. Oleh sebab itu mengonsumsi air putih sangat dianjurkan bagi seseorang yang berpuasa. Minimal seseorang harus mencukupi kebutuhan minum air sebanyak dua liter atau delapan gelas setiap harinya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini