nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Kenali Tata Cara Salat Gaib dan Keutamaannya!

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 01:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 26 616 2060409 yuk-kenali-tata-cara-salat-gaib-dan-keutamaannya-nYYDwSXa3S.png Tata Cara Salat (Foto; Pixabay)

Salat gaib merupakan shalat yang dilakukan untuk seseorang yang sudah wafat. Sebenarnya tata cara shalat gaib tidak jauh berbeda dengan salat jenazah. Menurut Ustadz Riski Nugroho dari Pondok Modern Nuruh Hijrah, solat gaib sebenarnya sama dengan salat jenazah, hanya yang membedakan adalah niat. Lantas bagaimana tata cara solat gaib? Berikut langkah-langkahnya.

1. Membaca niat shalat gaib

“USHALLI ALAL MAYYITIL GHAAIBI AR-BA’A TAKBIIRAATIN FARDLAL KIFAAYATI (MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALAA, ALLAAHU AKBAR”.

2. Takbir pertama

Setelah niat, maka yang di lakukan pada takbir pertama adalah membaca surat Al Fatihah Setelah selesai membaca Al Fatihah kemudian tidak dilanjutkan dengan rukuk, melainkan takbir kembali.

3. Takbir ke dua

Pada takbir kedua ini di anjurkan untuk membaca shalawat atas Nabi Muhammad, dengan membaca;

“ALLAHUMMA SHALLI ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALA IBRAHIM WA ‘ALA AALI IBRAHIM, INNAKA HAMIDUM MAJID. ALLAHUMMA BARIK (DALAM SATU RIWAYAT, WA BARIK, TANPA ALLAHUMMA) ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI MUHAMMAD, KAMA BARAKTA ‘ALA IBRAHIM WA ‘ALA ALI IBRAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJID”

4. Takbir ke tiga

Setelah membaca Al-Fatihah dan di lanjutkan dengan membaca salawat, maka selanjutnya adalah mendoakan Jenazah tersebut. Mendoakan Jenazah bisa dilakukan sekurang – kurangnya dengan membaca “ALLAHUMMA AGFIRLAHUU WARHAMHUU WA 'AAFIHII WAA'FU 'ANHUU”

5. Takbir ke empat

Setelah mendoakan mayit, maka dilakukanlah takbir yang ke empat. Takbir ke empat sama dengan yang dilakukan dengan takbir ke tiga, yaitu mendoakan si mayit. Akan tetapi bacaan yang di gunakan berbeda.

Pada takbir ke empat ini kita bisa membaca; “ALLAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHUU WA LAA TAFTINNAA BA'DAH(U)”

Setelah melakukan ke empat takbir diatas maka hal terakhir yang dilakukan adalah mengucapkan salam. “ASSALAAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKAATUH(U)”

Shalat gaib bisa lakukan ketika mayat tersebut tidak berada di tempat yang sama dengan kita. “Salat gaib bisa dilakukan karena jenazahnya di luar kota, atau mayat nya hilang.” pungkas Ustadz Rizki.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini