Ngabuburit Sambil Susun Itinerary Liburan Lebaran

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 28 615 2061254 ngabuburit-sambil-susun-itinerary-liburan-lebaran-xNxy3ubGWa.jpg Merencanakan Liburan Lebaran (Foto: WeWhoroam)

NGABUBURIT biasanya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, entah itu mengaji, berolahraga, maupun menyusun rencana. Mengingat sebentar lagi libur Idul Fitri akan tiba, dan sebagian besar orang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman, maka tak ada salahnya waktu ngabuburit diisi dengan menyusun rencana perjalanan atau itinerary.

Saat pulang ke kampung halaman, sejumlah orang pasti ingin sekaligus pergi liburan. Di sisi lain, waktu tersebut sering dijadikan ajang kumpul sanak saudara yang telah lama tak berjumpa. Oleh karenanya, agar keinginan untuk berlibur dan pertemuan dengan keluarga biasa terlaksana keduanya, dibutuhkan suatu itinerary.

Berikut manfaat menyusun rencana perjalanan sambil ngabuburit bulan puasa, seperti yang Okezone rangkum dari We Who Roam, Selasa (27/5/2019) :

1. Memaksimalkan waktu

Saat berada di kampung halaman, seringkali banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari bertemu dengan sanak saudara, ziarah ke makam leluhur, bertemu dengan teman lama, pergi ke destinasi wisata, berburu oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Tak jarang satu kegiatan cukup memakan waktu sehingga ada kegiatan yang terpaksa harus tidak jadi dilakukan karena waktunya habis. Padahal sebenarnya kegiatan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Disinilah pentingnya menyusun itinerary agar waktu yang ada bisa digunakan semaksimal mungkin sehingga beragam kegiatan bisa dilakukan.

Merencanakan Liburan Lebaran

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Menyimpan uang dengan baik

Sama seperti liburan, saat pulang ke kampung halaman harus ada dana yang disiapkan untuk keperluan tertentu. Bila rencana pulang kampung tidak disusun sedemikian rupa, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli atau membayar sesuatu yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Dengan menyusun itinerary, maka bisa diperkirakan hal apa saja yang hendak dilakukan dan berapa uang yang dibutuhkan. Hal ini dapat membantu untuk berhemat.

Menyimpan Uang dengan Baik

3. Menghindari stres

Melakukan berbagai kegiatan yang tak jelas saat pulang kampung bisa menimbulkan perasaan stres. Salah satu penyebabnya karena melakukan kegiatan yang tidak jelas dan hanya membuang-buang waktu serta uang. Dengan menyusun rencana perjalanan, perasaan semacam itu bisa dihindari. Malah tak menutup kemungkinan bisa mendatangkan perasaan puas karena melakukan kegiatan yang maksimal selama pulang kampung. Jadi, masih ragu menyusun itinerary sebelum pulang kampung? Jika tidak, jangan lupa isi waktu ngabuburit dengan menyusunnya.

Menghindari Stres

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya