nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Perang Besar dan Bersejarah yang Pernah Terjadi di Bulan Ramadan

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 29 614 2061947 7-perang-besar-dan-bersejarah-yang-pernah-terjadi-di-bulan-ramadan-PyDVWxoP8g.jpg Ilustrasi Perang Badar (Foto : IImfeed)

Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Pada bulan tersebut Allah menurunkan ampunan yang seluas luasnya kepada umat Islam.

Selain itu pada bulan Ramadan juga wahyu pertama Alquran pertama kali diturunkan. Akan tetapi, terlepas dari ketiga hal tersebut, bulan Ramadan juga terkenal tentang kemenangan besar umat Islam yang mengubah dunia.

Dalam sejarah Islam, Ramadan menyaksikan pertempuran yang kuat dan kemenangan besar. Seperti yang sudah dihimpun dari berbagai sumber, yaitu :

1. Perang Badar

Perang Badar terjadi pada 17 Ramadan tahun 2 Hijriah. Perang tersebut merupakan salah satu perang terbesar umat Islam. Karena umat muslim yang berjumlah 313 orang bertarung melawan 1000 orang dari Quraish Makkah. Namun pada akhirnya umat Muslim memenangkan pertempuran tersebut.

Perang Badar

2. Penaklukan Makkah

Pembebasan Kota Makkah terjadi akibat peristiwa yang terjadi pada 10 Ramadan tahun 8 Hijriah. Pada saat itu Rasulullah beserta 10.000 pasukannya bergerak menuju Madinah dan Makkah. Kemudian umat Islam menguasai Makkah secara keseluruhan dengan menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka’bah.

3. Penaklukan Andalus

Penaklukan Andalus adalah salah satu insiden terbesar ada hijriah pertama, tepatnya pada 1 Ramadan 91 H. Periode itu adalah yang terbesar dalam sejarah Andalusia, dari awal sejarah dan mungkin sampai akhir zaman. Andalusia nama untuk Iberia, yang berada di bawah kekuasaan kekaisaran romawi. Pada awal abad ke 5 M Andalusia dikuasai oleh suku-suku Gotik yang agamanya adalah Arianisme. Gotik sendiri merupakan sebuah negara yang mempunyai ibu kota Toledo.

4. Pertarungan Ain Jalut

Pertempuran dengan Ain Jalut terjadi pada tanggal 3 september 1260 di Palestina. Meskipun para pasukan berperang dalam keadaan berpuasa, mereka terus melakukan pertempuran. Pertempuran tersebut terjadi antara Bani Mameluk yang dipimpin oleh Qutuz dan Baibars berhadapan dengan tantara mongol pimpinan Kitbuqa.

5. Penaklukan Crimea

Penaklukan Crimea terjadi antara kekaisaran Rusia melawan sekutu yang terdiri dari Prancis, Britania Raya, Kerajaan, dan Kesultanan Ustmaniyah. Perang tersebut dianggap menjadi perang modern yang pertama, karena sudah mulai memperkenalkan perubahan – perubahan teknis yang memengaruhi tata peperangan di masa depan. Peperangan tersebut tepatnya terjadi pada tanggal 15 Ramadhan 1294 H.

6. Penaklukan Nubia

Penaklukan Nubia terjadi pada bulan Ramadan pada tahun 31 Hijriah. Peperangan yang dipimpin oleh Abdullah bin Abi Shar itu berhasil meraih kemenangan atas pasukan Koptik.

7. Perang kontemporer Israel

Meskipun tidak terjadi pada zaman Rasulullah, perang ini juga tidak kalah bersejarahnya. Perang antara Arab dan Israel ini terjadi ketika tentara Mesir dan Suriah mengawali peperangan melawan Israel untuk memperjuangkan suatu wilayah. Perang ini terjadi pada bulan Ramadan tepat pada tanggal 10 tahun 1390 H atau 6 Oktober 1973.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini