Ketika Melihat Jenazah Dianjurkan Membaca Doa Ini

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 03 614 2063442 ketika-melihat-jenzah-dianjurkan-membaca-doa-ini-9Kc8jCKDR6.jpg Bertazkiah (Foto: About Islam)

TAKZIAH adalah mengunjungi orang yang sedang tertimpa musibah kematian, atau dalam bahasa kita lebih dikenal dengan melayat. Dalam islam takziah hukumnya sunah, hal tersebut berangkat dari pendapat para ulama. Selain pendapat para ulama, dikarenakan tujuan takziah untuk menguatkan jiwa dan suasana batin bagi yang ditinggalkan.

Takziah atau melayat dianjurkan agar kita bisa mendoakan jenazah yang meninggal. Di lingkungan kita biasanya orang yang melakukan takziah membaca surat Yasin, namun ketika kita tidak punya waktu banyak, kita juga bisa hanya dengan membaca doa untuk si jenazah saja.

Indonesia kembali berduka, setelah pada 22 Mei lalu ditinggalkan oleh ustadz kondang Arifin Ilham, Sabtu (1/6/2019) kabar duka yang menyelimuti Indonesia. Istri dari Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya. Nah, saat Anda ingin melayat atau bertakziah, Anda bisa membaca doa ini.

“SUBHANAL HAYYIL LADZI LA YAMUUTU ALLOHUMAGFIR LIHADZAL MAYYITI WARHAMHU. ALLAHUMMA ANIS FIL QOBRI WAHDATAHU WAGHURBATAHU WANNAWWIR QOBROHU”

“Maha Suci Allah dzat yang maha hidup yang tidak mati. Ya Allah, berilah ampunan kepada mayit ini, dan belas kasihanilah dia, Ya Allah berikanlah kesenangan kepadanya dalam kubur sendirian dan dalam rantauan serta sinarilah kuburnya”

Doa bertakziah ini tidak perlu dibaca keras-keras, cukup dibaca didalam hati saja. Dengan tujuan, memohon kepada Allah SWT agar si mayit diampuni dosa-dosanya baik kepada manusia maupun kepada Allah semasa hidupnya.

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini