nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Niat & Tata Cara Salat Idul Fitri yang Benar

Harisah Chamil, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 04 614 2063615 inilah-niat-tata-cara-salat-idul-fitri-yang-benar-Jf0e1ieD0T.jpg Tata Cara Salat Ied (Foto: Pixabay)

TIDAK terasa esok semua umat muslim akan merayakan idul fitri. Dengan berpuasa sebulan penuh lamanya, mereka akan menyambut perayaan idul fitri nantinya. Perayaan idul fitri sendiri merupakan hal yang paling dinantikan oleh semua umat muslim.

Dalam perayaan idul fitri, kita sebagai umat muslim dapat berkumpul dengan keluarga, bersilaturahmi dan juga dapat pergi bersama keluarga. Selain dapat berkumpul dengan keluarga pada perayaan idul fitri, kita juga harus melaksanakan salat idul fitri.

Ada ketentuan yang berlaku pada idul fitri, salah satunya yaitu salat ied idul fitri. Sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim di manapun untuk pergi salat ied karena pelaksanaannya pun hanya setahun sekali.

Bagi para wanita yang sedang berhalangan pun juga tetap dianjurkan untuk datang, meskipun duduknya harus ada jarak dengan tempat yang sedang melaksanakan salat. Sebagaimana dilihat dari hadist dari Ummu 'Athiyah:

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat 'ied (Idul Fithri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat." HR. Muslim no. 890, dari Muhammad, dari Ummu 'Athiyah.

Namun, untuk salat Idul Fitri sendiri ada aturannnya, caranya pun mudah sama seperti salat pada umumnya tetapi hanya ada perbedaan sedikit. Berikut tata cara salat idul fitri yang benar :

1. Yang pertama yaitu niat salat idul fitri: "Usholli sunnata 'iidil fithri rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'aala."

2. Takbir, "Allahu Akbar" sambil mengangkat kedua tangan.

3. Membaca doa iftitah.

4. Membaca tasbih, "Subhanallahi wal khamdulillahi walaa illaha illalahu allahu akbar";

5. Setelah membaca tasbih, tangan kembali diangkat setinggi bahu sambil membaca kalimat takbir.

6. Setelah itu kembali membaca tasbih, dilakukan hingga tujuh kali.

7. Setelah takbir 7 kali, membaca surat Al-Fatihah, dan surat pendek.

8. Kemudian ruku', I'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan sujud yang kedua.

9. Setelah sujud yang kedua, langsung berdiri sambil membaca takbir tanpa mengangkat kedua tangan.

10. Lalu membaca tasbih seperti rakaat pertama namun pada rakaat kedua hanya 5 kali.

11. Dilanjutkan membaca surat Al-fatihah, surat pendek, ruku', I'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua, dan tasyahud akhir.

12. Salam.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini