nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Lebaran, Jangan Lupa Laksanakan 8 Sunah Ini Biar Afdol

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 23:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 04 616 2063767 sambut-lebaran-jangan-lupa-laksanakan-8-sunah-ini-biar-afdol-JuLZZ9bZVY.png Merayakan Hari Raya Idul Fitri (Foto: Pixabay)

HARI kemenangan jatuh pada Rabu, tanggal 5 juni 2019. Tentunya kita harus bahagia dan bersemangat dalam menyambut Lebaran. Jangan sampai usaha dan kerja keras Anda dalam menahan hawa napsu selama 30 hari lamanya menjadi sia-sia.

Ketupat, opor ayam dan aneka kue kering mungkin telah tersedia dan siap dinikmati dengan keluarga tercinta. Namun, perlu diketahui, bukan hanya makanan saja yang perlu disiapkan saat Lebaran, melainkan diri sendiri pun perlu dipersiapkan untuk menyambut hari yang fitri ini.

Tentunya, dalam menyambut lebaran terdapat berbagai sunah-sunah yang wajib dijalankan umat muslim agar amalan ibadahnya dapat berjalan dengan sempurna. Setidaknya ada delapan sunah yang wajib dijalankan selama Idul Fitri atau Lebaran. Dalam artikel kali ini Okezone akan membagikannya untuk Anda.

Sunah Idul Fitri

1.Anda disarankan untuk bangun lebih pagi pada saat lebaran untuk mempersiapkan diri dan hati untuk menyambut hari yang fitri.

2.Selama lebaran pastinya banyak sekali aktivitas yang akan dilakukan seharian penuh. Alangkah lebih baik apabila melakukan mandi pagi sebelum memulai segala aktivitas ketika lebaran.

3.Berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat tentunya akan menjadi momen yang sangat spesial, jadi alngkah baiknya Anda berhias diri dan mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki.

4.Anda tentunya akan melakukan salat Ied, agar tubuh tetap bugar dan menghindari hal buruk yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda sarapan pagi terlebih dahulu sebelum salat.

5.Bertakbir dari rumah menuju tempat salat.

6.Pada saat ustadz berkotbah ada baiknya Anda mendengarkannya hingga selesai. Akan lebih baik lagi apabila Anda mengamalkan segara ajaran baik yang dikemukakan ustadz.

7.Sesudah melakukan salat dan mendengarkan khotbah dari ustadz maka hal yang perlu Anda lakukan adalah saling mengucapkan selamat lebaran (at-thaniah) dengan orang di sekitar Anda.

8.Pulang Salat Ied dengan rute yang berbeda dengan tujuan supaya orang-orang yang menempuh kedua jalan itu dapat mengucap salam kepada orang yang tinggal di sekitar jalan tersebut.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini